UNBK SMP, 184 Lembaga di Kabupaten Pasuruan Masih “Numpang”

960
Ilustrasi UNBK.

Pasuruan (Wartabromo.com) – Sebanyak 21.459 pelajar SMP Negeri/swasta di Kabupaten Pasuruan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Meski peserta terbilang banyak, namun 184 lembaga masih “numpang” tempat ke sekolah lain untuk melaksanakan ujian ini.

Hasbullah, Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) pada Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Pasuruan mengatakan, dari 411 lembaga penyelenggara UNBK 2019, masih banyak sekolah yang menumpang. Artinya, mereka melaksanakan UNBK dengan menggunakan fasilitas sekolah lain.

“Memang masih banyak, terutama dari kalangan madrasah. Tapi setiap tahun, jumlah sekolah yang sudah bisa melaksanakan UNBK sendiri semakin meningkat, dan itu sangat kami apresiasi,” kata Hasbullah.

Tercatat, ada 184 lembaga yang menumpang saat penyelenggaraan ujian nasional selama 4 hari ini. Dengan rincian 46 lembaga dari Paket C, 40 lembaga Paket B, 38 SMP swasta, 33 Mts swasta, 22 SMP negeri, serta 6 SMP terbuka.

Ia pun berharap, ratusan sekolah itu bisa menyusul 227 lembaga yang melaksanakan UNBK dengan mandiri, tanpa menyewa sekolah lain.

“Jaman sekarang sangat canggih. Semuanya serba internet, sehingga kepemilikan ruang komputer sangat penting. Silahkan dialokasikan untuk pembelian komputer dengan perencanaan yang matang dan serius,” tegasnya.

Terakhir, Hasbullah mewanti-wanti para pelajar yang menjadi peserta UNBK tidak absen saat pelaksanaan Ujian ini. (mil/may)