PKB Probolinggo Dapatkan Kembali Suara yang Sempat Hilang

1398

Probolinggo (wartabromo.com) – Protes keras LPP DPC PKB Kabupaten Probolinggo ke KPU berbuah manis. PKB mendapat kembali 40 suara yang sebelumnya hilang diduga C1 salinan saksi bermasalah.

“Kami berhasil mengembalikan 40 suara PKB, setelah dicocokan dengan C1 Plano di TPS Kalibuntu. PPK tidak membuka kotak Plano, hanya melalui dokumen foto saja. PPK beralasan karena kotak Plano ada di bawah kotak lainnya, sehingga kesulitan untuk membuka kotak tersebut. Meski begitu, kami sudah legowo,” ujar Wakil Ketua LPP DPC PKB Kabupaten Probolinggo, Mustofa, Rabu (24/4/2019).

Kembalinya 40 suara itu, didapat pihaknya dalam proses rekap suara TPS Desa Kalibuntu ditingkat PPK Kraksaan. Dalam rekap pada Senin (22/4/2019) malam, diketahui ada kesalahan penjumlahan pada partainya. Suara itu lari ke partai lain. Sehingga diputuskan untuk mengembalikan suara itu ke PKB.

Baca Juga :   Dilema Pilkada di Tengah Pandemi Corona

Mustofa menjelaskan jika pihaknya sebelumnya memang ngotot meminta PPK membuka C1 plano. Sebab, ada ketidaksesuaian pada form C1 salinan saksi di dua TPS Desa Kalibuntu, Kecamatan Kraksaan. Sehingga pihaknya menduga ada penyelewengan, bukan human error lagi.

“Jalan keluarnya harus membuka C1 Plano,” ucapnya.

Komisioner Bawaslu Probolinggo, Rifkohul Ibad menjelaskan, bahwa pada saat rekap TPS Kalibuntu, memang ditemukan adanya selisih suara. Selisih itu sebanyak 10 suara saja. Sementara sisanya merupakan kesalahan penulisan.

“Dengan menampilkan foto C1 Plano dari pengawas TPS, dan pihak PKB sudah menerima. Tidak ada penggelembungan dari partai politik lainnya, seperti yang diisukan dalam pemberitaan sebelumnya,” ujarnya. (saw/saw)