Ada Hujan Meteor di Awal Ramadhan, Terindah Dilihat Saat Sahur

0
39167
Fenomena Meteor Eta aqurids (sumber foto : IG @beeintuitivenz)

Pasuruan (wartabromo.com) – Awal bulan ramadhan akan ditemani dengan fenomena hujan meteor Eta Aquarids yang mengalami puncaknya pada 6 Mei – 7 Mei 2019. Menariknya, waktu terbaik untuk melihat hujan meteor tersebut adalah saat santap sahur yakni pukul 03.00 WIB sampai 04.00 WIB.

Hujan meteor Eta Aquarids terjadi sejak tanggal 1 Mei 2019 lalu dengan Intensitas sekitar 60 meteor setiap jam. Fenomena ini dapat dilihat di belahan bumi selatan dan 30 meteor untuk bumi utara.

Nama Eta Aquarids sendiri disematkan lantaran meteor-meteor itu seolah-olah terpancar dari arah rasi Aquarius.

Pantauan wartabromo.com, Eta aquarids sudah mulai dilihat oleh sejumlah warganet di Jawa Timur termasuk Pasuruan dan Probolinggo.

Hal ini terpantau dari sejumlah postingan netizen di laman media sosial tentang adanya benda langit yang melintas dan terlihat pada Minggu (5/5/2019) malam.

“Tadi saya lihat usai terawih lur, ” ujar seorang warganet asal Probolinggo, Minggu (5/5/2019) malam di laman Facebook.

Hujan meteor ini bisa disaksikan oleh seluruh penduduk bumi. Untuk mendapatkan pengamatan terbaik disarankan agar mengarahkan pandangan ke timur – timur laut dan bisa dilihat tanpa peralatan apapun.

Pandangan terbaik didapatkan jika kondisi langit sedang bersih dan bebas dari polusi cahaya termasuk cahaya lampu. Para ahli berpendapat jika hujan meteror Eta Aquarids adalah hujan meteor terbaik yang bisa diamati sepanjang tahun ini. (yog/yog)