Bau Mulut Saat Puasa? Ini Cara Mengatasinya

3045
ilustrasi bau mulut oleh ayobandung.com

Lumajang (Wartabromo.com) – Di bulan Ramadhan, puasa dilakukan selama 30 hari penuh. Nah biasanya saat berpuasa ini mulut kering karena tidak kemasukan makanan dan minuman saat siang hari. Akibatnya, muncullah permasalahan bau mulut ini.

Lalu bagaimana sih cara supaya mulut tidak bau selama berpuasa? Simak tipsnya yuk!

  1. Jangan makan makanan yang berbau tajam.

Makanan berbau tajam ini misalnya pete, durian, jengkol hingga bawang. Hindari makan makanan tersebut saat sahur ya bolo. Karena bau tajamnya menempel di mulut, dan sulit untuk dihilangkan hingga beberapa jam kedepan.

Namun bolehlah jika dimakan saat buka puasa tiba. Asal setelah berbuka sediakan penawar untuk bau tajam dari makanan tersebut.

  1. Minum air putih cukup

Minum air putih cukup ini supaya kebutuhan cairan di dalam tubuh terpenuhi. Salah satu penyebab bau mulut yakni mulut yang kering karena tidak ada pasokan makanan dan minuman selama berpuasa. Sehingga mulut kita berupaya memenuhi pasokan saliva supaya mulut tidak kering.

Caranya yakni, bakteri anaerob, akan menguraikan sisa makanan yang ada di mulut hingga menghasilkan sulfur dan ammonia. Nah hasil ini lah yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. Minum air cukup bisa menguranginya.

Minumlah 2 gelas air saat sahur, lalu 4 gelas air saat berbuka, dan 2 gelas air sebelum tidur untuk memenuhi cairan tubuh. Lebih dari itu juga lebih baik bolo!

  1. Sikat Gigi dan Lidah

Jangan lupa untuk rajin menyikat gigi dan lidah ya. Karena sisa makanan yang ada di mulut, bisa menyebabkan bau tidak sedap. Apalagi bagi yang memiliki gigi berlubang, makanan bisa mudah menumpuk pada lubang, sehingga harus disikat supaya bersih.

Lidah pun demikian. Secara tidak langsung, sisa makanan juga menempel di lidah, sehingga harus dibersihkan juga. Menggosok lidah bisa menggunakan bagian belakang sikat gigi yang dikhususkan memang untuk lidah. Jika gigi bersih namun lidah tidak bersih, sisa makanan itu akan terus menempel di mulut dan menyebabkan bau tidak sedap.

  1. Hindari merokok selama berpuasa

Nah merokok saat berbuka atau bahkan saat sahur juga penting untuk dikontrol. Usahakan untuk menguranginya, sehingga bakteri yang ada dalam mulut sisa merokok tidak diolah menjadi bau tidak sedap.

  1. Konsumsi makanan bergizi saat buka dan sahur

Menjaga makanan juga harus dilakukan selama berpuasa. Seperti menjaga kandungan gula hingga lemak. Beberapa penyebab bau mulut juga disebabkan oleh gula darah yang drop, sehingga cadangan lemak yang ada pada tubuh lah yang diolah sebagai sumber energy. Proses metabolisme ini selain menghasilkan energy, juga sisa proses yang dinamakan keton. Salah satu cara keton keluar dari tubuh yakni melalui mulut dan menyebabkan bau tidak sebab.

Sudah siap menerapkan cara-cara ini bolo? Yuk coba, selain sehat, juga bisa mengurangi bau tidak sedap di mulut. Supaya selama puasa kita tetap percaya diri berkomunikasi dengan orang lain. (may/ono)