Rawan Macet, Polresta Probolinggo Rekayasa Lalin di Wilayah Ini

1514

Probolinggo (wartabromo.com) – Satlantas Polres Probolinggo Kota melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Pasalnya, di sejumlah lokasi di Kota Probolinggo rawan macet pada arus mudik lebaran.

Beberapa titik rawan macet diantaranya di Jalan Panglima Sudirman, atau di depan Pasar Baru. Pada lokasi ini sudah langganan macet, sejak awal Ramadhan tahun ini. Aktivitas bongkar muat barang di sekitar lokasi, disebut-sebut menjadi salah satu penyebabnya.

“Nanti akan kami panggil semua pihak itu. Untuk kemudian menjalankan komitmen rekayasa lalu lintas yang kami buat. Sehingga kawasan ini tidak lagi macet walau ada peningkatan volume kendaraan,” ujar Kapolres Probolinggo Kota, AKBP Alfian Nurrizal, Sabtu (11/5/2019) sore.

Beberapa pihak tersebut diantaranya Dishub, Satpol PP, pemilik usaha toko serta muspika. Seperti diketahui, kawasan Pasar Baru merupakan simpang pertemuan 2 arah. Mulai area pasar dan jalur utama pantura tengah kota, menuju Lumajang, Jember, Situbondo dan Banyuwangi.

Untuk itu, Satlantas Polres Probolinggo Kota akan melakukan pemecahan arus. Satu arah dari barat, menjadi 1 arus utama jalan raya dan 1 arus irisan untuk konsentrasi parkir dan aktivitas laju lambat kendaraan.

“Sedangkan aktivitas bongkat muat barang di area pasar, akan diberlakukan pada malam hari selepas maghrib,” imbuh Alfian.

Dengan penerapan rekayasa lalu lintas ini, tidak akan ada lagi penyeberang jalan sembarangan. Juga pengendara yang melawan arus lajur dan aktivitas menaikkan serta menurunkan penumpang tukang becak dan sopir angkot. Mudik lebaran pun dipastikan lancar. (lai/may)