Derajat Tinggi Orang Berilmu

0
575

Pasuruan (wartabromo.com) – Memililki ilmu pengetahuan sesungguhnya sangatlah penting bagi seluruh umat manusia. Allah pun akan mengangkat derajat manusia yang berilmu, baik ilmu pengetahun maupun ilmu keagamaan.

Ustaz Dumairi Nalim, Asatidz Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Kabupaten Pasuruan dalam kultumnya menyampaikan, menuntut ilmu wajib dilakukan manusia. Selain mengangkat derajatnya, orang yang berilmu akan dijadikan insan yang lebih baik oleh Allah SWT.

Menurutnya, ada tiga hal manfaat saat orang tersebut berilmu. Yakni orang yang mengerti tentang agama, termasuk etika, hukum dan akhlak orang beragama akan diangkat derajatnya.

“Allah akan menjadikan orang yang mengerti tentang agama itu lebih baik,” ungkapnya.

Kedua, Allah akan memberikan kecerahan tentang kekurangan diri orang berilmu. Itu akan mencegah seseorang mencari-cari kekurangan dalam diri orang lain. Kekurangan yang dimaksud, yakni kekurangan dalam beragama dan berilmu.

“Bagaimana mungkin orang akan mencari kekurangan orang lain, saat tahu dirinya memiliki kekurangan?” imbuhnya.

Ia melanjutkan, jika seseorang telah menyadari dirinya banyak kekurangan, tidak akan ada pergunjingan, hasud, sombong, dan ujub atau membanggakan diri.

Ketiga, orang berilmu akan dizuhudkan oleh dunia. Maksudnya, Orang berilmu akan dihindarkan dari hal-hal yang merugikan secara duniawi.

“Ilmu pengetahuan dan keagamaan saat dipegang teguh oleh manusia, kelak hidupnya akan damai,” pungkasnya. (ptr/ono)