Bibir Kering dan Pecah-pecah saat Puasa? Simak Tips Mengatasinya

0
1117
Ilustrasi dehidrasi. (Gb: blog dokter)

Pasuruan (wartabromo.com) – Selama berpuasa, tubuh tidak makan dan minum selama hampir 14 jam lamanya. Terkadang hal itu menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, sehingga bibir bisa kering dan pecah-pecah.

Apabila bibir terlihat kering, pastinya akan mengganggu penampilan. Tidak mau kan, penampilan Anda terlihat kurang oke selama berpuasa?

Berikut beberapa tips untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah yang bisa diterapkan saat berpuasa.

1. Hindari menyantap makanan pedas dan asin saat sahur
Menu santapan sahur memengaruhi kondisi tubuh selama seharian berpuasa. Agar terhindar dari dehidrasi, jauhi menyantap makanan pedas dan asin karena bisa membuat tenggorokan kering saat berpuasa. Hasilnya Anda akan cepat dehidrasi dan membuat bibir mudah kering.
2. Minum air putih yang cukup saat sahur dan berbuka
Air putih penting dikonsumsi supaya Anda tidak dehidrasi selama menjalankan puasa. Konsumsilah air putih yang cukup saat sahur dan berbuka.
3. Stop kebiasaan menjilat bibir
Menjilat bibir untuk membuatnya terlihat basah dan lembab sebenarnya malah membuat bibir kering. Air liur memang bisa membuat bibir tampak lembap, namun itu hanya sesaat. Saat mengering, air liur ini justru bisa menguap dan menggerogoti kulit bibirmu dan membuatnya menjadi pecah-pecah.
4. Gunakan pelembab bibir
Pelembab bibir atau Lip balm menjaga bibir tetap lembap. Terlebih bila akan menggunakan lipstik, pastikan untuk menggunakan pelembap bibir terlebih dahulu. Anda juga bisa mengulangi step ini saat bibir mulai terasa kering kembali.

Demikian beberapa tips agar bibir tak terlihat kering dan pecah-pecah saat puasa, Bolo. Semoga tips ini bermanfaat agar penampilan Anda selalu terlihat menawan. (ptr/ono)