Terbongkar! Ini Cara Tukang Hoax Edit Gambar Situs Berita

9101

Lumajang (wartabromo.com) – Trik pembuat hoax dengan model membagikan hasil screenshot terbongkar. Salah seorang netizen membeberkan sebuah cara para pembuat hoax melakuan penyuntingan gambar di sebuah situs berita.

Agus, pemilik akun twitter @ecek membagikan cara tersebut dalam bentuk video penyuntingan screenshot milik sebuah media online.

“Buat yang mudah percaya dengan skrinsut. Cek ulang sebelum disebarkan gaes, daripada malu,” tulisnya.

Dalam video tersebut terlihat, agus sedang membuka sebuah situs portal berita online. Lalu ia menuliskan sebuah formula javascript.

Mulanya tak nampak ada perubahan dalam tampilan web tersebut. Namun saat kita sentuh layar di salah satu tulisan, munculah kursor yang bisa digunakan untuk menyunting postingan.

Baca Juga :   Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1437 H Pada Hari Rabu 6 Juli 2016

Dari situlah kemudian berita baik judul maupun isi berita bisa diedit untuk disebarkan pembuat hoax. Setelah itu hasil penyuntingan di screenshot, jadilah hoax beredar.

Twit tersebut banyak dikomentari warga net. Utamanya yang berhasil mempraktikan cara milik Agus. Rata-rata editan yang dihasilkan berbentuk humor menggelitik. Bukan hanya itu, cuitan ini sudah disukai dan di retwit lebih dari 17.500 kali.

“Ngetes. Gampang ya ternyata bikin hoax,” ujar akun @gilbhas.

Bagaimana bolo? Berhati-hati ya sebelum menyebarkan berita! (may/ono)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.