Banyak Hoax Bertebaran, AMSI Minta Warga Baca Media Massa Terpercaya

1104

Jakarta (wartabromo.com) – Di tengah merebaknya informasi baik yang terkonfirmasi kebenarannya, yang belum terkonfirmasi, maupun yang hoax belaka, sesudah pengumuman Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024, Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) menghimbau publik agar membaca berita dari sumber yang dipercaya.

Ketua AMSI, Wens Manggut mengatakan, ketika kita ragu apakah sebuah berita benar atau tidak, hoax atau bukan makan diharapkan menggunakan rujukan ke sumber berita yang bisa dipercaya yaitu media massa.

“Media massa, termasuk yang bergabung dalam AMSI, tidak saja memiliki wartawan yang profesional dalam menulis berita, tapi juga memiliki standard dan prosedur yang baku dalam menelusuri kebenaran sebuah informasi sebelum dipublikasikan, ” ujar Wens di Jakarta.

Baca Juga :   "Merebut Benak Kepala, Memilih Prabowo atau Jokowi"

Meski demikian, lanjutnya, AMSI juga menghimbau kepada media massa, agar disiplin dalam melakukan verifikasi sebelum mempublikasi informasi yang beredar, tidak ikut menyebarkan informasi yang diragukan kebenarannya, hoax, dan bersama publik ikut menjaga keadaban bersama.

Media online wartabromo.com sendiri merupakan salah satu anggota Asosiasi media siber yang sudah terverifikasi oleh dewan pers. (*/yog)