View Probolinggo, Kota Dalam Genggaman 

0
2044

Probolinggo (wartabromo.com) – Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo terus berupaya menjadi ‘Smart City’. Salah satunya dengan meluncurkan sebuah aplikasi layanan berbasis android bernama ‘View Probolinggo’ pada Rabu (22/05/2019) di aula Puri Manggala Bakti kantor Wali Kota Probolinggo. Dengan sekali sentuh, Kota Probolinggo seakan dalam genggaman.

View Probolinggo yang merupakan aplikasi besutan Diskominfo setempat, dapat diunduh secara gratis di playstore. View sendiri berasal dari kata Visitable, Impressive, Energic dan Worthy. Berbagai informasi tentang Kota Probolinggo dapat diakses melalui aplikasi ini. Termasuk layanan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Probolinggo.

Inovasi baru itu, tak hanya dapat dirasakan masyarakat Kota Probolinggo, namun juga bisa dinikmati masyarakat luar kota.

Walikota Habib Hadi Zainal Abidin menuturkan, bahwa akan terus mengontrol aplikasi VIEW Probolinggo berbasis android itu. Ia pun tak segan-segan mengecek update-an dan tindak lanjut dari masing-masing OPD.

“Saya harap semua bersinergi. Sekarang zamannya sudah canggih, jadi pelayanan pemerintah kepada masyarakat harus mengikuti perkembangan zaman juga,” ujarnya saat melaunching ‘View Probolinggo’ bersama Forum Smart City.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfo setempat, Aman Suryaman, aplikasi ‘View Probolinggo’ dirancang pada akhir tahun 2018 lalu. Kemudian direalisasikan pada awal tahun 2019 sebagai salah satu dari program 99 hari kerja Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan Wakil Wali Kota M. Soufis Sobri.

“Merupakan program pengembangan dan pengelolaan pelayanan e-government menuju Kota Probolinggo Smart City,” tuturnya.

Cara operasinya cukup mudah, warga Kota Probolinggo maupun luar daerah cukup mengunduhnya di playstore google.

Setelah terinstal, bagi warga Kota Probolinggo akan diminta untuk mendaftar menggunakan nomer ponsel, data pribadi dan NIK. Sementara, bagi pengguna dari luar daerah tanpa NIK. Setelah mendapat kode notifikasi, maka masyarakat sudah bisa mengakses beberapa informasi di Kota Probolinggo.

“Data pribadi ini, kami jamin tidak akan bocor. Aplikasi ini tidak bisa dibuat hoaks (Berita palsu maupun laporan palsu) karena sudah terintregasi dengan NIK. Sehingga memudahkan OPD untuk menindaklanjuti keluhan dan dengan cepat melayani masyarakat,” kata mantan Kabag Kesra ini.

Aman kemudian memberikan contoh beberapa layanan yang ada di View Probolinggo. Yakni antara lain informasi terkait JDIH, pemberitaan, event kota, CCTV publik, radio dan alamat kantor pemerintahan Kota Probolinggo. Layanan pariwisata yang isinya hotel, destinasi wisata, agen travel, kuliner dan kafe juga tersedia. Untuk layanan pendidikan disediakan sekolah digital, lowongan kerja, latihan kerja dan data sekolah.

Fitur kesehatan menyediakan informasi rumah sakit dan klinik, dokter praktik, bidan praktik, apotik, rawat inap RSUD dr Mohammad Saleh, ambulance, BPJS kesehatan, BPJS ketenagakerjaan dan layanan Kependudukan dan Catatan Sipil.

“Cukup mudah, satu kali sentuh, maka semua informasi di kota ini bisa didapat. Tentunya aplikasi ini jauh dari kata sempurna. Kami masih akan berbenah, semisal dengan menggunakan dua bahasa, Indonesia dan Inggris. Karena banyak wisatawan asing yang berkunjung ke kota ini. Termasuk juga akan menggandeng marketplace untuk menunjang UMKM. Sekarang ini sudah ada, cuma belum banyak,” tandas Aman Suryaman. (fng/**)