Pedagang Pasar Bantaran Minta Segera Pindah ke Lapak Baru

0
487

Probolinggo (wartabromo.com) – Bedak baru di Pasar Bantaran, Kabupaten Probolinggo sudah rampung dibangun sejak akhir 2018 lalu. Namun hingga kini belum bisa ditempati, sampai pedagang mendesak segera dipindahkan ke bangunan baru.

Hingga Kamis (23/5/2019), bedak baru ini belum juga diserahkan ke pedagang atau belum dibuka untuk umum. Padahal, pembangunannya sudah rampung pada Desember tahun lalu. Artinya, selama 5 bulan, bedak tersebut tidak memberikan manfaat bagi pedagang maupun pembeli.

Di sisi lain, tempat penampungan sementara yang berada di lapangan kecamatan, terlihat memprihatinkan. Kondisinya kumuh, sehingga tidak layak digunakan. Di saat hujan, tempat itu becek. Sementara, ketika sudah memasuki musim kemarau, bedak sementara tersebut sering diterjang angin dan abu.

“Ya kalau hujan becek, kalau udah kemarau seperti sekarang abu berterbangan. Makanya kami pedagang sebenarnya ingin sekali untuk segera pindah ke bangunan yang baru. Tempat kami berjualan saat ini, kurang baik,” kata Ina, salah satu pedagang Pasar Bantaran.

Perempuan paruh baya ini mengatakan, berkenaan dengan pindah lokasi dagang itu, sejatinya beberapa waktu lalu ia bersama puluhan pedagang lainnya sudah mempertanyakannya kepada kepala pasar. “Kalau dihitung kan sudah lima bulan, makanya sempat tanya ke kepala pasar, tapi suruh menunggu,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perdagangan pada Disperindag, RR. Deny Kartika Sari mengatakan, untuk saat ini permintaan para pedagang tersebut tak bisa dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, bangunan pasar Bantaran tersebut terbilang selesai paling akhir dibanding pembangunan pasar lainnya. Oleh karena itu, pihaknya akan memeriksa hasil bangunan tersebut.

“Saat ini masih dalam pemeliharaan. Apakah sudah sesuai dengan bestek atau bagaimana nanti akan kita lihat dulu. Jadi pedagang lebih bersabar. Toh, selesai semua akan tetap kembali ke asal. Jadi mungkin bersabar dulu,” ujarnya.

Ia pun mengungkapkan untuk penempatan gedung pasar Bantaran itu sendiri akan dilakukan dalam waktu dekat. “Mudah-mudahan prosesnya sudah selesai semua,” tandasnya istri AKP. Noer Choiri ini. (cho/saw)