Ini 10 Top Kuliner Lumajang saat Mudik, Wajib Dicoba!

10249

Lumajang (wartabromo.com) – Mudik lebaran ke kampung halaman, tidak hanya untuk bersilaturahmi dengan keluarga. Momen ini juga dimanfaatkan untuk wisata keluarga, baik kuliner maupun alam.

Nah di Lumajang, ada 10 makanan yang direkomendasikan oleh Pesona Indonesia, Kementerian Pariwisata. Khofifah Indar Parawansa pun melalui instagramnya membagikan daftar makanan ini. Yuk simak kuliner apa saja yang wajib dicoba saat di Lumajang.

  1. Capjay Mbak Eni
Foto : Halokakros

Berlokasi di Jalan Imam Bonjol, Nomer 14, Kelurahan Citrodiwangsan, Lumajang, capjay ini cukup melegenda. Porsinya yang banyak beserta rasa enak, membuat banyak warga Lumajang beramai-ramai mencicipi capjay ini.

  1. Ayam Geprek Tuan Manis
Foto : Instagram Tuan Manis

Ayam Geprek ini boleh jadi terbilang baru di Lumajang. Lokasinya di Jalan Semeru, tepatnya Serambi Pujasera. Menu favorit warga Lumajang yakni ayam geprek dengan lelehan Mozarell. Hmm.. Yummy..

  1. Pecel Telo
Foto : Qupas

Namanya saja sudah unik, Pecel yang biasanya diolah dengan sayur-sayuran dan bumbu kacang saja, kini diberi telo. Umbi yang biasanya dibuat keripik atau olahan makanan lain ini dicampurkan dengan bumbu kacang. Tara.. jadilah pecel telo.

Tidak perlu susah mencari sajian ini, karena dijual di beberapa pasar Lumajang. Salah satunya di Pasar Sukodono Lumajang yang buka mulai shubuh. Namun harus cepat ya, karena pecel ini laris manis.

  1. Mie Semeru
Foto : Instagram Mie Semeru

Sajian Mie ini juga bisa dibilang baru di Lumajang. Mie Semeru identic dengan mie pedas yang digandrungi para remaja. Namun, ada juga kok Mie tanpa cabenya. Lokasinya pun dekat kota Lumajang. Tepatnya di Jalan Hayam Wuruk, Kelurahan Kepuharjo, Kecamatan Lumajang.

  1. Kue Lathok
Foto : Cookpad

Kue latok ini mirip dengan kue cenil. Namun bedanya, latok dikukus, sementara cenil direbus. Kenyalnya kue ditambah dengan siraman gula merah, membuat penikmat kuliner gak bisa berhenti makan.

Kue ini cukup mudah ditemui, khususnya di pasar-pasar tradisional Lumajang.

  1. Blendus/bledus
Foto : Istimewa

Salah satu makanan yang bikin susah move on di Lumajang, yakni blendus/bledus. Terbuat dari bahan dasar jagung pipil kering yang direndam lalu direbus, makanan ini diburi wisatawan. Taburan kelapa parut diatas bledus, membuat rasa menjadi gurih dan unik. Kuliner ini bisa ditemui di Lumajang.

  1. Sate Gule Kambing Pelita
Foto : Istimewa

Meski sate gule ini bukan makanan khas Lumajang, namun ada yang berbeda dengan sate gule di Pelita. Lokasinya di sebelah timur Jalan Raya Pelita, tak jauh dari perempatan Gadingsari. Rasanya enak dank has, membuat makanan ini banyak diburu warga Lumajang. Mau mencobanya?

  1. Pisang Agung
Pisang Agung Lumajang dan olahannya. Foto : Lumajangstore

Lumajang terkenal sebagai Kota Pisang. Tentunya Pisang Agung menjadi khasnya. Pisang ini berukuran sangat besar dengan rasa yang enak. Cocok juga untuk dijadikan keripik.

Rasa keripik pisang agung khas di Lumajang, karena lebih gurih dan tahan lama. Keripik ini bisa didapatkan di berbagai tempat, seperti di Lumajangstore dengan Keripik Mahameru yang diolah dengan berbagai varian rasa. Lalu juga ada di toko oleh-oleh Jati Arum dan Kembang Jaya Lumajang.

  1. Lalapan Pak Basir
Lalapan pak Basir. Foto : Istimewa

Lalapan bisa ditemukan dimana saja, termasuk di Kabupaten Lumajang. Lalapan Pak Basir di Jalan Kyai Ghozali ini menjadi andalan warga Lumajang, mulai dari masih Lesehan, hingga depot. Porsi besar dan rasa yang enak, membuat lalapan Pak Basir merajai per-lalapan-an di Lumajang.

  1. Lontong Petis
Lontong petis. Foto : Istimewa

Sajian lontong ini sering dijumpai saat Lebaran di rumah warga. Lontong ini disajikan dengan daging ayam, tahu dan tentunya petis yang sudah lebih dahulu diolah menjadi lebih sedap.

Di beberapa depot khusus lontong, makanan ini bisa ditemui, meski tidak mudah, karena orang cenderung membuatnya saat Lebaran datang.