Listrik Korslet, Rumah di Beji Terbakar saat Ditinggal Istirahat Penghuninya

6997

Beji (WartaBromo) – Rumah di Desa Gunung Gangsir, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan terbakar, Jumat (7/6/2019). Korsleting listrik diduga jadi penyebabnya.

Dari sejumlah keterangan, kebakaran rumah milik Imam itu diperkirakan terjadi sekitar pukul 13.30 WIB.

Tidak diketahui secara persis awal munculnya api. Dikatakan, saat itu, sepasang suami istri berusia lanjut tengah istirahat setelah seharian beraktivitas menerima tamu.

Tiba-tiba asap mengepul di ruang tengah dan belakang dalam rumah. Api pun mulai terlihat berkobar menghanguskan sejumlah perabotan maupun alat-alat rumah tangga lainnya.

Seorang warga bernama Abdul Gofur sigap meminta pertolongan warga dan mengontak pemadam kebakaran (Damkar), sesaat mengetahui rumah itu terbakar.

Ramai-ramai warga mencoba menaklukkan api yang terus merembet ke ruang dalam rumah. Warga sedikit kesulitan karena kondisi rumah dan keterbatasan alat untuk dapat segera memadamkan si jago merah.

“Kebetulan anaknya mudik. Tinggal orang tuanya,” ujar salah seorang warga.

Sementara itu, armada dan personil pemadam pun segera datang dan langsung melakukan upaya pemadaman dan pembasahan di sekitar lokasi kebakaran.

“Damkar Kabupaten Pasuruan dan Damkar PT Domisindo, sudah berhasil padamkan api sekitar pukul 16.30 WIB,” kata Ruspandi, Kepala PMK Kabupaten Pasuruan.

Kuat dugaan, kebakaran terjadi akibat adanya korsleting listrik di salah satu ruangan rumah. Namun demikian, polisi masih mencari titik yang menyebabkan adanya percikan hingga api membakar hampir separuh rumah Imam. Pasalnya, petugas mendapati banyak steker dan kabel pun terlihat semrawut, tak tertata rapi pada tiap-tiap ruangan.

Sampai saat ini kerugian material masih dihitung dan dilaporkan tak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran rumah di Cangkring Malang ini. (ono/ono)