Tubuh Sehat saat Silaturahmi Lebaran, Ini Kuncinya

696
Ilustrasi Sehat

Pasuruan (wartabromo.com) – Merayakan momen Hari Raya Idul Fitri dengan berkumpul dengan sanak keluarga memang menjadi tradisi. Biasanya saat momen silaturahmi juga diiringi dengan makan bersama, hampir di setiap rumah yang dikunjungi.

Menu makanan saat lebaran pun beragam. Dari kue-kue manis hingga makanan berat bersantan dan berlemak.

Menyantap makanan seperti ini, bisa mempengaruhi berat badan serta masalah kesehatan.

Pasti Anda tidak mau kan merusak indahnya kebersamaan berkumpul dengan keluarga hanya gara-gara mengalami sakit lantaran terlalu banyak mengkonsumsi makanan bersantan? Simak tipsnya yuk!

Pertama, Jangan Makan Berlebihan.

Segala sesuatu yang bersifat berlebihan pastilah tidak baik. Sama halnya dengan menyantap makanan. Apabila tersaji beragam menu yang tersedia di meja makan, seperti opor ayam, semur, sambal goreng ati, dan lainnya, pilih lah beberapa saja. Ambil porsi sewajarnya.

Kedua, Imbangi dengan Makan Buah dan Sayur.

Buah dan sayuran tinggi akan serat. Kandungan serat yang tinggi dalam buah dan sayur ini dapat melancarkan pencernaan sehingga masalah yang timbul akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak dapat teratasi.

Ketiga, Perbanyak Minum Air Putih

Air putih sangat baik untuk kesehatan. Selain untuk menghindari dehidrasi, air putih juga ampuh untuk menunda rasa lapar.

Keempat, Lakukan Olahraga Ringan

Berolahraga ringan seperti jogging maupun berjalan kaki bisa dilakukan untuk meluruhkan lemak-lemak yang menumpuk di badan setelah mengkonsumsi makanan berlemak.

Agar tetap sehat di momen lebaran, bijaklah menyantap makanan ya, Bolo!.. (ptr/may)