Arus Pendek Sebabkan Rumah Seniman Terbakar

694

Probolinggo (wartabromo.com) – Rumah Seniman( 43 ) dan Dewi (40), warga Dusun Kalisat Desa Lemah Kembar, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, terbakar habis pada Rabu (12 /06/2019) dini hari. Diduga kebakaran itu disebabkan oleh korsleting atau arus pendek listrik di salah satu kamar.

Informasi yang didapat wartabromo.com, sekitar pukul 02.30 WIB titik api pertama kali muncul dari atap rumah. Warga RT 7 RW 2 yang mengetahui kebakaran itu, segera berusaha memadamkannya. Dengan alat seadanya tanpa bantuan mobil pemadam kebakaran.

Kencangnya hembusan angin, membuat atap rumah yang terbuat dari kayu dengan cepat terbakar. Sehingga dengan mudah meludeskan rumah korban. Kobaran api juga menyambar rumah milik pasutri Imam Sudarmaji (55) dan Yusaro (49). Namun, berhasil dinetralisir oleh warga, sehingga tak begitu parah.

“Sekitar pukul 2 saya biasa mengaji mas, pukul setengah 3 ada suara ledakan, tak kira bunyi sanyo, biasanya sanyo mas bunyi seperti ledakan. Habis itu ada bau barang hangus, setelah saya lihat termyata rumah adik saya mas, kamarnya itu sudah terbakar. Saya langsung minta tolong,” tutur Yusaro, kakak Dewi sambil terisak.

Beruntung penghuni rumah berhasil selamat saat kebakaran terjadi. Mereka yakni Seniman, Zainal anak pertama, dan Misbahul Munir anak kedua. Ketiganya dibawa keluar rumah oleh warga saat kebakaran. Sementara Dewi sedang berjualan sayur di Pasar Nguling.

“Kami harus memecahkan kaca rumah untuk menyelamatkan Misbahul Munir. Sebab dia terjebak dalam kobaran api,” terang Nazaruddin, keponakan Seniman.

Selain meludeskan rumah Seniman, kebakaran itu juga meludeskan 2 unit sepeda motor. Honda Vario 125 dan Honda Revo milik Seniman ikut ludes jadi arang. Kerugian ditaksir sekitar Rp 150 juta.

“Isi rumah, sertifikat tanah, perabotan, dan dua unit sepeda motor milik korban hangus dilalap si jago merah. kerugian ditaksir hingga mencapai Rp 150 juta. Diduga akibat korsleting arus pendek listrik,” kata Rahmad Hidayanto, Camat Sumberasih.

Api baru berhasil dipadamkan selang satu jam kemudian. Setelah anggota Koramil, Polsek Sumberasih dan warga bergotong royong memadamkan api dan disusul satu unit damkar dari Pemerintah Kota Probolinggo. (fng/saw)