Bantuan Pangan Non Tunai di Kabupaten Pasuruan Bertambah 1.200 Penerima

3103

Pasuruan (WartaBromo) – Jumlah keluarga Penerima Manfaat (KPM) dana Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Kabupaten Pasuruan, sepertinya bertambah. Itu setelah Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengintruksikan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pasuruan untuk segera membuka 1.200 rekening baru.

Plt Kepala Dinsos Kabupaten Pasuruan, Gunawan Wicaksono mengakui pembukaan rekening baru, merupakan tambahan jumlah KPM BPNT. Terutama dari kuota penerima BPNT di Kabupaten Pasuruan tahun 2019 yang mencapai 109.031 KPM.

“Kalau secara logika kita diintruksikan untuk membuka rekening baru, maka itu sudah pasti adalah sinyal untuk memberikan bantuan yang baru lagi. Bulan Juni ini kita diminta untuk membukakan 1.200 rekening baru untuk penerima BPNT,” kata Gunawan saat ditemui di kantornya, Kamis (20/06/2019).

Baca Juga :   BLT DD Tahap I Kabupaten Probolinggo Telan Rp38,37 Miliar

Selanjutnya, Dinsos disebutnya langsung berkoordinasi dengan BNI (Bank Negara Indonesia) sebagai bank yang dipercaya untuk menyalurkan BPNT. Setelah itu, BNI lah yang ditugaskan untuk mengkoordinir seluruh agen BPNT dalam hal pemenuhan komoditi yang akan ditukarkan dalam bentuk beras dan telur ayam.

“Kita akan gerak cepat, sehingga per 1 Juli bisa langsung dicairkan dan diterima oleh para KPM,” imbuhnya.

Di sisi lain, penyaluran BPNT sebesar Rp110 ribu via rekening, kini dimajukan, dari sebelumnya tanggal 25 menjadi tanggal 10 setiap bulannya. Kebijakan ini merupakan hasil kesepakatan antara Kementerian Sosial dengan bank-bank penyalur bantuan pemerintah alias Himbara (Himpunan Bank-bank Negara).

Gunawan menegaskan, pemberian dana lebih awal ini sejatinya lebih baik, karena warga penerima dapat segera memanfaatkannya untuk kebutuhan hidup.

Baca Juga :   Video : Bantu Bolo Bakul Es | Pejuang Rejeki #bantubolodewe

“Kita berharap dengan percepatan pencairan ini bisa langsung dimanfaatkan dan membantu masyarakat yang kurang mampu,” harapnya. (mil/ono)