CJH di Kabupaten Pasuruan Bertambah, Pemberangkatan Dibagi Jadi 4 Kloter

990

Pasuruan (wartabromo.com) – Tahun ini pemberangkatan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Pasuruan dibagi menjadi 4 kloter (kelompok terbang). Jumlah tersebut selaras dengan meningkatnya jumlah jemaah dibanding tahun lalu.

Imron Muhadi, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasuruan mengatakan, pada tahun 2018 lalu, pemberangkatan CJH asal Kabupaten Pasuruan dibagi menjadi 3 kloter. Tahun ini jemaah lebih banyak, sehingga akan ada tambahan kloter.

“Kalau kloter utama tetap 3 kloter yaitu di kloter 22, 23, dan 24. Namun ada kloter susulan, yaitu di kloter 74 yang digabung dengan CJH Kota Pasuruan,” kata Imron kemarin.

Dijelaskan kemudian, untuk kloter 22, 23, sampai 24 jumlahya masing-masing mencapai 445 CJH. Sementara jemaah tambahan yang masuk dalam kloter 72 hanya berjumlah 46 CJH.

3 kloter utama tersebut pemberangkatannya bertahap. Kloter 22 dijadwalkan berangkat tanggal 14 Juli, lalu keesokan harinya pada tanggal 15 Juli pemberangkatan dari Bandara Juanda. Sedangkan untuk kloter 23 dan 24, pemberangkatan dari Pasuruan tanggal 15 Juli dan bertolak ke Arab Saudi tanggal 16 Juli.

Kloter terakhir yang merupakan tambahan ini terpaut cukup jauh dari kloter utama. Kloter 72 baru berangkat pada tanggal 30 Juli, bertolak ke Arab Saudi pada tanggal 31 Juli.

“Dari Pasuruan, CJH menginap sehari di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya untuk persiapan administrasi seperti paspor, gelang identitas termasuk pemberian living cost sebesar 1.500 riyal,” terangnya.

Sebelum berangkat, CJH akan mengikuti manasik massal di Kabupaten Pasuruan sebanyak 2 kali pada bulan ini. Manasik massal se Kabupaten Pasuruan telah dilaksanakan di Sentra Bordir, Bangil pada tanggal 1 Juni, dan akan berlanjut pada 29 Juni mendatang. Sementara manasik kecamatan dilaksanakan sebanyak 6 kali.

“Kita harapkan CJH bisa menjaga kesehatannya karena selain bulan ini cukup banyak kegiatan manasik, juga pemberangkatan akan dimulai pada 14 Juli mendatang,” pungkas dia. (mil/may)