Batasi Bawaan Tak Lebihi 32 Kg, Kemenag Pasuruan Kumpulkan Koper Calon Haji

412

Pasuruan (wartabromo.com) – Koper para calon jemaah haji dikumpulkan menjelang keberangkatan. Semua koper yang dikumpulkan akan dicek batas maksimal bawaannya.

Imron Muhadi, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Pasuruan menjelaskan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan calon jemaah haji untuk isi koper. Beberapa ketentuan seperti rokok hingga makanan mengandung air, dibatasi jumlahnya.

Diungkap kemudian, jika calon jemaah haji pria ingin membawa rokok, hanya diperbolehkan membawa maksimal 2 pres. Bahan cair atau makanan yang mengandung air, juga dibatasi maksimal 200 mililiter.

“Beratnya tidak boleh lebih 32 kilo, kalau koper,” kata Imron, Kamis (11/7/2019).

Barang bawaan para calon jemaah haji ini, sebelumya telah dikumpulkan di KBIH masing-masing. Nah, hari ini sudah mulai dikirim ke kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan.

Koper-koper ini selanjutnya akan didata dan disimpan sementara waktu, sembari menunggu waktu keberangkatan.

Sekadar informasi, pengumpulan koper di kantor Kemenag Kabupaten Pasuruan ini sudah dimulai Kamis (11/7/2019) hingga Jumat (12/7/2019) pukul 09.00 WIB.

Selanjutnya, seluruh koper jemaah calon haji yang tergabung dalam 3 kloter ini, dikirim untuk dilakukan screening di Embarkasi Surabaya. Mulai dari jenis barang bawaan, banyak, dan berat barang akan dicek. Jika melanggar barang akan dikeluarkan dan disita sementara.

Terkait barang bawaan ini, Imron mengimbau agar para calon jemaah haji mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

Diketahui, jumlah jemaah haji yang direncanakan berangkat dari Kabupaten Pasuruan terhitung sebanyak 1.380 orang.

Terbagi dalam kloter 22, 23, dan 24, jemaah direncanakan berangkat menuju Embarkasi Surabaya pada Sabtu (13/7/2019) sore dan Minggu (14/7/2019) pagi.

Sampai kemudian secara bergelombang jemaah terbang ke tanah suci Makkah, tunaikan ibadah haji. (bel/ono)