Muncul Bau Menyengat, Ikan Paus Raksasa Terdampar di Pantai Bambang

1420
Paus terdampar di Pantai Bambang Lumajang. (Foto : Polsek Pasirian)

Pasirian (wartabromo.com) – Seekor paus dengan panjang 11 meter terdampar di Pesisir Pantai Bambang, Dusun Rekasan, Desa Bago, Kecamatan Pasirian, Lumajang. Warga sekitar pun geger karena selain berukuran besar, baunya juga menyengat.

Bangkai ikan paus ini pertama kali ditemukan oleh Siyo (47), warga yang akan pergi ke sawah di dekat pantai Bambang. Saat itu, Ia mencium bau menyengat lalu melihat sesuatu dengan ukuran cukup besar di sekitar pantai. Setelah didekati, ternyata ikan Paus yang terdampar.

AKBP Arsal Sahban, Kapolres Lumajang mengatakan, temuan warga ini sebelumnya dilaporkan ke Polsek Pasirian.

“Melihat kondisi ikan paus yang sudah membusuk tersebut, dimungkinkan ikan paus sebesar 4 kali tubuh orang dewasa itu sudah mati, beberapa hari yang lalu di lautan. Bangkai yang terombang ambing di lautan tersebut terseret ombak hingga ke pesisir dan terdampar di pantai Bambang,” ungkapnya, Kamis (11/7/2019).

Paus tersebut diperkirakan memiliki panjang 11 meter, tinggi 100 sentimeter dan lebar badan 150 sentimeter. Tidak diketahui jenis pausnya karena sudah ditemukan dalam kondisi mati dan membusuk.

“Kami juga tetap akan melakukan penyelidikan tentang sebab-sebab kematian ikan paus tersebut, apakah ada perburuan ikan paus oleh nelayan atau sebab-sebab lain seperti pencemaran di lautan,” ujar Arsal

Sementara itu warga bersepakat segera menguburkan paus ini supaya bau yang menyengat tidak semakin menyebar hingga ke pemukiman warga. (may/ono)