Hilang di Kandang Ayam, Motor Warga Grati Ketemu di Lumajang

2177
Puri Handayani, warga Grati saat mengambil motornya di Lumajang.

Lumajang (Wartabromo.com) – Motor bodong yang ditemukan di Lumajang dikembalikan ke pemiliknya. Satu diantaranya motor milik warga Desa Sumberdawesari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.

Puri Handayani, warga Grati ini patut bersyukur. Pasalnya, motor matic jenis Honda Beat yang dilaporkan hilang, kini sudah ditemukan. Puri, kehilangan motornya saat diparkir depan kandang ayam, pada Oktober 2018 lalu.

Honda Beat milik warga Grati ini berhasil ditemukan di Desa Sawaran Lor, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang. Motor ini diamankan di rumah warga bersama dengan 45 motor lain yang tak dilengkapi surat keterangan (bodong). Setidaknya ada 7 motor lain yang ditengarai merupakan milik warga Pasuruan.

“Operasi motor bodong door to door ke rumah-rumah warga sangat efektif untuk memutus mata rantai begal dan pencurian kendaraan bermotor. Sudah puluhan motor dapat kami kembalikan ke pemiliknya yang sah, dari hasil operasi motor bodong door to door,” ujar AKBP Arsal Sahban, Kapolres Lumajang.

Selain milik Puri, ada 4 motor lainnya yang diambil pemiliknya kembali. Di antaranya motor milik warga Jember dan Sidoarjo.

“Saya berharap lingkaran setan ini diakhiri, dimulai dari jangan ada lagi pembeli motor bodong. Jangan ada lagi yang bangga memiliki motor bodong,”

Menurutnya, bila peminat motor bodong ini banyak, diyakini aksi begal dan pencurian motor juga akan meningkat. Penyebabnya, pelaku kejahatan tersebut memiliki pasar, merasa banyak permintaan. “Kapanpun hasil begal dan curanmornya bisa dia jual dengan cepat,” pungkasnya. (may/ono)