Rajin Beberes Rumah di Usia Senja Bikin Sehat

382

Pasuruan (wartabromo.com) – Memasuki usia lanjut, biasanya banyak penyakit kronis yang menyerang. Rajin beres-beres rumah bisa menjadi pilihan agar terbebas dari penyakit-penyakit itu.

Kok bisa?

Ya, dikutip dari hellosehat.com, salah satu penelitian yang dilakukan Chhanda Dutta dari Clinical Gerontology Branch di National Institute on Aging, Maryland, Amerika Serikat, membuktikan, pekerjaan rumah sederhana dapat membantu meningkatkan kualitas hidup lansia. Pekerja-pekerjaan yang dimaksud adalah memasak, mencuci piring, berkebun, atau berbelanja.

Studi lain dalam jurnal BMC Public Health, Jerman, menyebutkan, aktivitas fisik dapat membantu para lansia lebih kuat. Selain itu, beraktifitas fisik ringan, juga bisa memperbaiki keseimbangan dan koordinasi, meningkatkan mood, meningkatkan daya ingat, membuat tidur lebih nyenyak, mencegah pengeroposan tulang dan mengurangi gejala tertentu akibat penyakit kronis.

Bahkan, bisa juga mencegah kondisi kesehatan menurun bagi yang memiliki riwayat penyakit seperti diabetes atau stroke.

Dalam penelitian itu pun juga dijelaskan, mereka yang berusia 65 tahun ke atas, memiliki angka harapan hidup lebih tinggi jika rajin melakukan pekerjaan rumah. Para peneliti menemukan, lansia yang menghabiskan 3-6 jam dalam sehari untuk beres-beres rumah, 25% kesehatannya lebih baik dibandingkan 1-2 jam.

Tapi, pekerjaan rumahnya jangan terlalu banyak juga ya yang dikerjakan. Terutama, bagi para lansia wanita.

Bagaimana tidak, bukan rahasia lagi jika pekerjaan seorang wanita di rumah itu berjibun. Nah, tak menutup kemungkinan juga untuk wanita di usia senja. Sayangnya, kesehatan mereka cenderung menurun jika sudan lebih dari 3 jam beberes rumah. Ini berpengaruh pada durasi dan kualitas tidur mereka bahkan bisa mengalami stres.

Ini diperkuat dengan fakta, pria lansia umumnya menghabiskan sekitar 3 jam sehari untuk pekerjaan rumah yang bersifat perawatan dan perbaikan, misalnya, memperbaiki kran bocor, memompa ban. Sedangkan wanita lansia bisa menghabiskan waktu hampir 5 jam sehari, mukai dari ngepel, nyapu, cuci baju, belanja, memasak dan lainnya.

Maka dari itu, bagi lansia yang tinggal bersama pasangan, pembagian tugas pekerjaan rumah bisa saja dilakukan. Ini bertujuan, baik istri maupun suami bisa mendapat kesehatan yang berimbang. Jadi, tidak berat sebelah. (bel/may)