BMKG Bakal Pasang Alat Deteksi Gempa di Lumbang

604
Seismometer milik PVMBG saat menunjukkan gempa Gunung Bromo beberapa waktu lalu.

Pasuruan (wartabromo.com) – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tretes, Prigen, Kabupaten Pasuruan mendapat hibah alat pendeteksi gempa. Alat ini bakal dipasang di Desa Panditan, Kecamatan Lumbang, kabupaten Pasuruan.

Sujabar, Kasgeof BMKG Tretes Prigen mengungkapkan, pihaknya mengaku telah mendapat hibah alat sensor pendeteksi gempa atau seismometer dari BMKG pusat.

Provinsi Jawa Timur dikatakannya mendapat 13 alat yang akan disebar di 13 titik. Salah satunya, akan dipasang di Pasuruan.

“Alat sensor atau pendeteksi gempa ini akan dipasang di Desa Panditan, Lumbang,” terang Sujabar kepada WartaBromo.com, Senin (22/7/2019).
Sebelumnya, alat sensor gempa ini rencananya bakal dipasang di Kecamatan Grati, namun lantaran berbagai pertimbangan, seperti lokasinya yang kurang memadai akibat terlalu dekat dengan permukiman dan jalan tol, maka lokasi tersebut akhirnya tak dipilih.

Pasuruan disebutnya, selama ini belum memiliki alat deteksi gempa. Dikatakan Sujabar, urgensi kebutuhan sensor gempa sangat diperlukan.
“Untuk merapatkan jaringan sehingga analisanya juga akan lebih cepat,” imbuhnya.

Pemasangan/instalasi alat pendeteksi gempa ini direncanakan akan dimulai pada Oktober 2019 mendatang. “Saat ini masih tahap lelang, instalasi direncanakan bulan Oktober,” pungkasnya. (ptr/ono)