Ada Susunan Bata Seperti Situs Peninggalan Kerajaan Kuno di Gondangwetan Pasuruan

2058

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebuah situs diduga peninggalan kerajaan kuno ditemukan di Dusun Sekar Krajaan, Desa Gondangrejo, Kecamatan Gondangwetan, Kabupaten Pasuruan. Situs tersebut berada di lahan sengon milik warga setempat.

Di lahan sengon seluas lebih kurang satu hektar itu, tatanan batu bata seakan tercecer tertutup gundukan tanah. Pemilik lahan, Mujib Ridwan menduga tumpukan batu bata di lahannya itu bukanlah batu bata biasa, lantaran bentuknya yang lebih lebar dan panjang serta tebal.

Ia pun kemudian menyampaikan rasa penasarannya itu kepada warga lain, kemudian mereka melakukan penggalian hingga struktur batu bata nampak kian jelas.

“Sebenarnya sejak tahun 1980-an kami tahu ada bata di sini, karena kita tidak paham jadi kami ambil sebagian untuk dijadikan bahan bangunan,” ungkap Mujib.

Struktur bangunan batu bata yang diduga peninggalan kerajaan kuno ini didatangi tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB). Setelah mendapat laporan dari warga setempat, petugas pun melakukan pengecekan.

Sulikhin, Koordinator BPCB Jawa Timur saat melakukan survey di lokasi penemuan situs tersebut mengatakan, tumpukan batu bata yang berada di lahan sengon milik Mujib diduga kuat merupakan situs peninggalan kuno. Pasalnya, struktur batu bata yang ditemukan di lahan sengon yang juga dekat permukiman warga itu berbeda dengan struktur batu bata modern.

“Sepertinya, ini merupakan situs peninggalan kuno, dari struktur bata tidak sama dengan batu bata sekarang. Ini lebih panjang dan lebar,” terangnya.

Namun, pihaknya belum dapat memastikan apakah susunan batu bata tersebut merupakan situs peninggalan kerajaan kuno. Kendati demikian, BPCB Jatim bakal melakukan penelitian lebih lanjut. (ptr/ono)