Pengantin Pria asal Kraton Ini Diarak dengan Properti Mirip Organ Vital

9162

Pasuruan (wartabromo.com) – Jika biasanya pengantin diibaratkan sebagai raja sehari semalam, berbeda dengan yang terjadi di Kabupaten Pasuruan. Di sini, ada tradisi unik yang harus dilakukan pengantin, yakni bersedia didandani oleh temannya.

Seperti dalam video berdurasi 12 detik ini, terlihat pasangan pengantin sedang diarak di resepsi pernikahannya. Bedanya, mempelai pria didandani dengan sangat unik. Sementara pengantin perempuan memakai kebaya pada umumnya.

Pengantin pria memakai kaos hitam dengan rompi yang terbuat dari karung beras. Tak lupa ada topi tersemat dengan tulisan “Tarzanx”. Lalu hal yang sedikit saru, ada properti terbuat dari kayu yang dikalungkan, dan di tempatkan tepat di bagian sensitif mempelai pria.

Usut punya usut, pasangan pengantin yang ada di video bernama Misbahul Munir dan Sri Wahyuningsih. Munir –sapaan akrabnya– menceritakan tradisi yang cukup unik ini di daerahnya, yakni di Dusun Srenggo, Desa Pulokerto, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan itu.

“Iya sudah tradisi di desa saya kalau pemuda-pemuda nikah itu dikirab seperti itu, kadang lebih dari itu,” ujarnya kepada wartabromo.com melalui aplikasi WhatsApp.

Meski begitu, Munir mengaku tak keberatan dengan cara teman-temannya itu. Apalagi cara ini untuk seru-seruan, meneruskan tradisi.

“Kalau saya kemaren dikirab seperti itu asli saya kaget, soalnya kan biasanya teman-teman itu kirabnya cuman di suruh naik grobak, kadang di suruh mengayuh becak, manten perempuannya biasanya yang duduk. Kalau yang kemarin beda dengan teman-teman lain. Tapi saya gak keberatan,” ujarnya.

Sampai saat ini, video tersebut masih dihujani komentar warganet. Banyak yang menganggap tradisi ini unik dan patut untuk dicontoh, ada pula yang tidak setuju dengan perbuatan tersebut.

Terlepas dari itu semua, Selamat untuk pasangan Munir dan Sri Wahyuningsih ya! (may/ono)