Mutasi Outdoor Corong Populerkan Wisata

711
SL Park view atas.

Probolinggo (wartabromo.com) – Di awal periode kedua memimpin Kabupaten Probolinggo, duet Bupati P. Tantriana Sari dan Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko gemar melakukan pelantikan di area terbuka (outdoor). Strategi ini diharapkan menjadi corong untuk mempopulerkan destinasi wisata di Bumi Rengganis ini.

Sejak menjabat pada September 2018, pasangan dengan akronim HATI tersebut sudah 7 melakukan mutasi. Pelantikan pejabat pun dilakukan di area wisata dan taman, termasuk di Sumber Lele (SL) Park Kecamatan Kraksaan pada Rabu (23/7/2019). Tren baru ini diawali di pengambilan sumpah di Pantai Duta, kemudian pantai Bentar pada akhir 2018.

Pada 2019, pelantikan di area outdoor dilakukan di 5 lokasi. Berturut-turut yakni di Candi Jabung Kecamatan Paiton, Bukit Kerinduan Ranu Segaran Kecamatan Tiris, Pantai Bahak Kecamatan Tongas, dan Pantai Bohay Kecamatan Paiton. Terakhir di SL Park dengan melakukan pelantikan terhadap 62, pejabat, yakni eselon III ada 21 orang dan eselon IV ada 41 orang.

Utak-atik ini, selain untuk meningkatkan mutu layanan publik, juga untuk promosi wisata.

“Dengan melakukan di area wisata, harapannya adalah tempat itu semakin populer. Pemkab ingin menggerakkan perekonomian warga dengan mengeksplorasi potensi-potensi wisata yang ada. Pokdarwis bergerak, usaha warga sekitar juga kena imbas positifnya,” kata Wakil Bupati Timbul, paska pelantikan pejabat di SL Park.

Selain mengenalkan kepada publik, para pejabat yang dilantik juga diharapkan menjadi duta wisata. Misalnya dengan berpose di area wisata dan mengeksposenya di media sosial yang dimiliki. Termasuk mengajak keluarga dan handai taulannya berkunjung dan menikmati destinasi yang dimiliki Kabupaten Probolinggo.

“Sekaligus yang dilantik ini punya misi dan menyampaikan kepada masyarakat. Juga bagaimana pejabat-pejabat di Kabupaten Probolinggo bisa berkontribusi dan meramaikan wisata-wisata itu,” tandas politisi asal Kecamatan Maron ini. (saw/saw)