7 Keajaiban ASI Untuk Buah Hati

2118

Pasuruan (wartabromo.com) – Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan pertama bagi bayi sesaat setelah dilahirkan. Maka-nya, ibu dianjurkan menyusui selama 2 tahun, sebab banyak keajaiban tersembunyi dibalik ASI.

Dikutip dari berbagai sumber, ASI memang ajaib dan unik. Berikut beberapa keajaiban ASI untuk buah hati:

1. ASI memberikan daya tahan

Sudah bukan rahasia lagi jika ASI dapat merangsang daya tahan tubuh bayi. Meski sejak lahir bayi sudah dibekali daya tahan tubuh oleh ibu semasa di dalam kandungan, pemberian ASI dapat menaikkan imunitas bayi lebih cepat.

2. ASI memberikan rasa aman

Ya, ketika seorang ibu menyusui, bayi akan merasa aman dan tenang dalam dekapan. Bayi akan mengingat suasana aman selama didalam perut. Pasalnya, bayi dipeluk oleh rahim dan mendengarkan detak jantung ibu yang menenangkan. Bagi bayi, itu adalah sesuatu yang membuat mereka merasa terbuai.

3. ASI selalu tersedia, bersih dan segar.

ASI tidak pernah basi meskipun tidak dikeluarkan. Nantinya, ASI yang tak dikeluarkan akan diserap kembali oleh tubuh.

4. Komposisi ASI selalu berbeda setiap hari

ASI terbagi dalam 3 jenis, antara lain kolostrum (keluar 0-7 hari setelah melahirkan), susu transisi (hari ke-7 sampai hari ke-10) dan terakhir, susu mature. Kandungannya pun tidak sama setiap waktu. 5-10 menit pertama, susu yang dikeluarkan encer, lebih ringan agat mudah dicerna usus bayi. Ini disebut dengan foremilk. Selanjutnya, diatas 10 menit, komposisinya lebih kental yang biasa dikenal dengan hindmilk. Pasalnya, kandungan protein dan karbohidratnya lebih padat.

5. Produksi ASI bergantung kebutuhan si kecil

Semakin tinggi kebutuhan bayi, semakin banyak ASI yang produksi. Jadi, jika bayi sering menyusu pada ibu, produksi ASI pun juga semakian banyak.

6. Satu tetes mengandung 1 juta antibodi

Keajaiban satu ini banyak yang tidak diketahui. Bahkan ada yang langsung memberikan susu formula pada bayi. Sehingga, antibodi yang diserap bayi sangat kurang. Padahal dalam satu tetes ASI mengandung 1 juta antibodi yang baik untuk melindungi bayi dari berbagai penyakit.

7. Kandungan gizi ASI paling sempurna

Berbagai zat yang terkandung dalam ASI adalah yang terlengkap dan paling sempurna. Diantaranya, mineral, vitamin, lemak, asam amino, nukleotida, karbohidrat, protein hingga zat antimikroba. Semua zat penting itu yang dibutuhkan bayi untuk sistem imun dan tumbuh kembang. Apalagi, terdapat protein khusus yang disebut Taurin, juga laktosa, dan asam lemak yang baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan sel otak.

Wah tidak salah lagi, ASI memang ajaib. Jadi, jangan ragu untuk menyusui buah hati ya!

Selamat hari ASI Internasional. (bel/may)