Bahaya Dibalik Gemar Makan Es Krim

762

Pasuruan (wartabromo.com) – Berbagai macam olahan susu sangat digandrungi oleh banyak kalangan, tak terkecuali es krim. Padahal, dibalik nikmatnya es krim yang manis, lembut nan menyegarkan menyimpan bahaya bagi kesehatan.

Spesialis gizi klinis, dr. Marya W Haryono, mengungkapkan, kombinasi susu, gula dan krim pada olahan es krim menjadi penyebab timbulnya masalah kesehatan. Pasalnya, kandungan ketiganya mengandung lemak yang akan terus menimbun di tubuh jika dikonsumsi terus menerus.

“Lemak berlebihan itu nantinya dapat menimbulkan obesitas,” tutur Marya dinukil viva.co.id.

Dijelaskan kemudian, selain memicu kegemukan, kandungan gula dan krim yang cukup tinggi juga dapat memicu diabetes. Dalam satu cup es krim mengandung 30 gram gula, yang dapat memenuhi hampir 70% kebutuhan gula harian.

Maka dari itu, konsumsi es krim harus dibatasi. Jika diperlukan, bisa membuat es krim sendiri dengan bahan utama buah segar dan sedikit gula. Hal ini bisa menekan kalori agar tak terlalu besar masuk ke dalam tubuh.

Meski begitu, es krim dipercaya dapat meningkatkan mood baik lho. Es krim mengandung protein khusus yang menghasilkan hormom serotinin (hormon bahagia). Inilah mengapa es krim mampu memperbaiki suasana hati yang lagi tak baik.

Tidak ada salahnya mengkonsumsi es krim, namun tetap harus dalam porsi wajar ya. Jangan terlalu sering, apalagi es krim instan. (bel/may)