Gagahnya Bendera Merah Putih Berkibar di Langit Bromo

1030

Probolinggo (wartabromo.com) – Bendera merah putih raksasa berkibar di tengah lautan pasir Gunung Bromo. Sang Saka ini berkibar bersama dengan balon udara di ketinggian 50 meter.

Bendera merah putih yang dikibarkan di lautan pasir Bromo ini berukuran 17 x 8 meter. Uniknya, bendera ini dikibarkan bersama balon udara yang secara langsung didatangkan dari DIY Yogyakarta. Keduanya melayang di langit Bromo pada ketinggian sekitar 50 meter.

“Salah satu upaya untuk memberikan sudut pandang berbeda bagi wisatawan. Dalam menikmati pemandangan di Bromo. Bertepatan dengan peringatan HUT RI ke 74, kami mencoba mengibarkan bendera raksasa ini,” terang Camat Sukapura, Bambang Heri Wahyudi, Sabtu (17/8/2019).

Prosesi pengidaran pun berlangsung khidmat. Sang saka terlebih dahulu dibentangkan oleh petugas. Kemudian barulah balon udara diterbangkan, yang otomatis membuat peserta mengambil sikap tegap dan hormat.

“Selain haru dan bangga, setelah merah putih berkibar di udara, kegiatan ini juga menambah rasa takjub kami dengan keindahan alam bromo,” ujar salah satu peserta upacara, Pramudia.

Pengibaran merah putih dengan balon udara ini menurut Pramudia sangat langka. Benar saja, karena konsep ini juga baru pertama kali dilakukan di kawasan wisata bertaraf internasional itu.

Pengibaran bendera tersebut diharapkan bisa memacu sumber daya manusia yang unggul, supaya Indonesia maju. Ini sesuai dengan jargon kemerdekaan ke 74. (lai/may)