Hutan Arjuno Kembali Terbakar, Ribuan Cemara Dipastikan Ludes

763
Ilustrasi Kebakaran Hutan

Pasuruan (WartaBromo.com)- Kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo di pegunungan Arjuno, Kabupaten Pasuruan kembali terbakar. Ribuan tanaman cemara gunung diperkirakan ludes akibat kejadian yang berlangsung sejak Minggu (18/08/2019) sore itu.

Diono Yusuf, pegiat lingkungan dari Yayasan Satu Daun mengatakan, kobaran api pertama kali diketahui sekitar pukul 17.00. Saat itu, kepulan asap terlihat membumbung tinggi dari sisi barat Blok Gumandar.

“Tadi sekitar pukul 17.00 an lah terlihat. Makin lama makin kelihatan membesar. Ini sebagian teman-teman sudah naik untuk melakukan pemadaman,” kata Diono saat dihubungi melalui telepon selulernya, Minggu (18/08/2019) malam.

Dari pantauan WartaBromo, kebakaran itu sendiri terlihat cukup parah. Api yang berkobar bahkan membentuk garis memanjang hingga terlihat dari Jalan Raya Surabaya-Malang.
Menurut Dion, cuaca yang cukup terik belakangan ini diduga menjadi penyebab api sulit dipadamkan. Alih-alih padam, angin yang berhembus kencang justru membuat api dengan cepat menyebar.

“Kan di sana ada banyak semak-semak yang mengering karena panas. Kemungkinannya ya akan banyak cemara gunung yang terbakar juga,” terang Diono. Sejauh ini belum bisa dipastikan apa penyebab kebakaran itu. Sampai tulisan ini dibuat, api masih berkobar dan cenderung membesar.

Dikutip dari laman Lapan, lokasi kebakaran berada di ketinggian 2.145 mdpl. Tepatnya di posisi 7°45’21.40″ S, 112°36’54.65″. (asd/asd)