Bukan Cacingan, Ini Penyebab Perut Sering Lapar

5847

Pasuruan (wartabromo.com) – Sarapan merupakan salah satu hal wajib yang mesti dilakukan sebelum beraktivitas seharian. Meski sudah mengisi energi di pagi hari, banyak juga yang masih tetap merasa lapar dan akhirnya membubarkan konsentrasi.

Nah, ternyata mudah lapar bukan satu-satunya indikasi cacingan lho. Dikutip dari detikHealth, ada beberapa hal yang menyebabkan perut mudah lapar.

1. Terlalu banyak karbohidrat olahan

Roti atau pasta termasuk jenis olahan karbohidrat yang menyebabkan gula darah naik turun dengan cepat. Ini lantaran, karbohidrat olahan telah kehilangan serat alami, vitamin, dan mineral. Akibatnya, kadar gula darah rendah, dan tubuhpun membutuhkan lebih banyak makanan. Nah, karbo olahan itu bisa diganti dengan sayur, buah atau biji-bijian agar perut tak mudah lapar.

2. Kurang protein

Protein yang mencukupi bagi tubuh, ternyata bisa mengontrol nafsu makan. Pasalnya, protein mempunyai sifat dapat mengurangi rasa lapar. Nah, jika sudah begitu, hormon yang merangsang rasa lapar bisa berkurang. Sehingga konsumsi kalori di siang hari juga bisa berkurang.

3. Makan terlalu cepat

Pernah mendengar nasihat orang bijak, apapun yang berlebihan itu tidak baik? Ya, sepertinya pesan itu juga berlaku dalam etika makan. Makan sebaiknya pelan-pelan, bukan makan dengan cepat. Sebab, berdasarkan penelitian, orang dengan kebiasaan makan cepat, cenderung memiliki selera makan lebih besar.

Makan dengan perlahan akan membuat tubuh dan otak memiliki lebih banyak waktu melepaskan hormon anti-lapar dan menyampaikan sinyal.

4. Diet rendah lemak

Kurangnya asupan lemak juga bisa menjadi penyebab perut sering merasa lapar lho. Lemak berperan dalam memperlambat pencernaan dan meningkatkan hormon pembuat kenyang. Nah, bagi yang menjalani diet rendah lemak, alpukat, minyak zaitun, telur atau yogurt bisa menjadi alternatif asupan lemak bagi tubuh.

5. Kurang minum air

Kekurangan cairan tubuh juga menjadi penyebab perut mudah lapar. Selain bermanfaat bagi kesehatan kebiasaan minum air putih bisa mengurangi nafsu makan ketika dikonsumsi sebelum makan. Sebab, air putih memang mengenyangkan.

6. Kurang tidur

Bukan rahasia lagi, kurang tidur tak baik bagi kesehatan. Selain itu, kurang tidur juga menyebabkan kadar ghrelin atau hormon perangsang nafsu makan lebih tinggi. Inilah yang menyebabkan Bolo mudah merasa lebih lapar. Jadi, mulai tidur teratur dan cukup istirahat di malam hari. (bel/may)