Waspada! Ada Racun Pada Teflon

989
Teflon. Foto : Liputan 6

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bagi ibu rumah tangga, penggunaan teflon atau wajan anti lengket sangatlah praktis. Sayangnya, dibalik kemudahan itu, teflon menyimpan bahaya serius bagi kesehatan.

Hal itu disampaikan Food and Drug Administration (FDA) atau Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS). Dikutip dari kompas, FDA mengklaim, alat masak anti lengket dapat meracuni masakan.

FDA menemukan bahan kimia sintetis berupa Perfluorinated Alkylated Substances (PFAS) atau Asam Perfluorooktanoik pada aliran darah warga AS yang disinyalir berasal dari makanan. Dimana makanan tersebut telah terkontaminasi oleh bahan kimia yang ada pada teflon. PFAS masuk ke dalam makanan ketika proses memasak menggunakan api besar.

Meski kadar PFAS tidak tinggi, bukan berarti mengabaikan bahaya yabg ditimbulkannya. Pasalnya, kandungan PFAS erat kaitannya dengan risiko kesehatan, seperti kanker, infertilitas, kerusakan ginjal bahkan hati.

Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya dilakukan pencegahan. Penggunaan alat masak berbahan keramik, stainless steel, atau kaca tempered bisa menjadi alternatif.

Selain itu, ketika ingin mengolah makanan dengan cara direbus, hindari alat masak berbahan logam dan gunakan api kecil atau sedang. Ini bertujuan agar PFAS tidak merusak makanan ataupun udara sekitar. (bel/may)