Ini Bahaya Dibalik Kebiasaan ‘Ngorok’

1744

Pasuruan (wartabromo.com) – Mendengkur saat tidur memang serig dianggap hal lumrah. Padahal kebiasaan satu ini seringkali mengganggu orang yang berada didekatnya.

Bukan hanya mengganggu, dengkuran ketika tidur, juga memiliki layanan risiko kesehatan lho. Berikut beberapa gangguan kesehatan akibat mendengkur yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Tekanan darah tinggi.

Berbagai studi menyebutkan, salah satu penyebab utama hipertensi adalah mendengkur. Tak hanya untuk orang dewasa, hal itu juga berlaku pada anak-anak. Semakin parah derajat dengkuran, semakin berat juga peningkatan tekanan darah.

2. Kerusakan Jantung

Ketika mendengkur, pernapasan secara tak sadar berhenti sejenak. Nah, dalam jangka panjang, dapat menyebabkan pembesaran ukuran jantung. Tentu saja, risiko serangan jantung dan stroke juga meningkat.

Baca Juga :   Sempat Pulang Paksa, PDP Kraksaan Meninggal Dunia

3. Obesitas

Ya, mendengkur dapat meningkatkan berat badan seseorang. Gangguan metabolisme akibat proses tidur yang terpotong-potong menyebabkan perubahan hormon pengontrol nafsu makan. Jika sudah begitu, angka pada timbangan akan terus bergerak ke kanan.

4. Kerusakan Otak

Menurut salah satu penelitian, menunjukkan gambaran kondisi otak yang mengalami kerusakan permanen akibat kebiasaan mendengkur. Kerusakan terjadi pada pengontrol ingatan, emosi dan tekanan darah.

5. Diabetes

Metabolisme tubuh akan terganggu jika sering mendengkur saat tidur. Akibatnya, tubuh tak bisa mentoleransi glukosa dan juga resisten terhadap insulin. Sebagaiman diketahui, Diabetes menjadi salah satu penyebab kematian utama, khususnya Diabetes tipe 2. Itu terjadi ketika badan tidak dapat memanfaatkan insulin secara efektif. Hal ini didukung studi yang menyebutkan mendengkur menjadi penyebab diabetes. (bel/may)