CEK FAKTA Video Laka Tol Pandaan yang Hebohkan Warganet

2497

Pandaan (WartaBromo.com) – Sebuah video kecelakaan dengan mengatasnamakan tol Pandaan-Malang gegerkan warga. Namun, lokasi kejadian kecelakaan yang diklaim berada di tol Pandaan-Malang belum jelas kebenarannya. Unggahan video ini pun diperkirakan sesat.

Dalam video berdurasi 45 detik ini terlihat sebuah mobil putih melaju. Mobil ini melaju dengan kecepatan rendah, lalu sedikit oleng.

Tak lama kemudian, pengemudi tancap gas. Namun dengan melaju secara tidak teratur hingga kemudian menabrak truk di depannya.

Unggahan menjadi sorotan, karena video tersebut dipandu oleh seorang pria layaknya perekam video.

“Pandaan lur.. ono mobil apik,” ujarnya.

Ia kemudian menduga jika pengemudi dalam kondisi mengantuk.

Setelah ditelusuri WartaBromo, video yang menggegerkan warga ini disinyalir bukan berada di wilayah tol Pandaan. Karena dalam video terlihat ada motor yang melintas. Sementara di tol, motor tidak diperbolehkan melintas.

Termasuk dengan kondisi jalan yang ada di video. Sampai saat ini belum ditemukan jalan yang identik di daerah Pandaan dengan video.

Plat nomor yang ada di mobil juga menjadi pertanyaan. Ada dugaan jika nopol mobil tersebut bukan berada di Indonesia.

Suara pria yang berada di video juga diperkirakan diedit sendiri, meski peristiwa kecelakaan bisa dikatakan benar terjadi. Artinya, gambar dan audio tidak sinkron, atau melalui proses editing sebelum disebarkan di dunia maya.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by WartaBromo.com (@wartabromo) on

Sementara itu, WartaBromo mencoba melakukan konfirmasi ke pihak kepolisan. Namun, Kasatlantas Polres Pasuruan, AKP Bayu Halim Nugroho mengaku belum mengetahui kejadian itu.

“Saya belum dapat info soal laka ini,” ujarnya

Redaksi kemudian mencoba mengkonfirmasi pada Kanit Laka Lantas Polres Pasuruan, Iptu Marti. Ia pun menolak memberikan keterangan mengenai kecelakaan tersebut, karena masuk di wilayah kota. Termasuk tak memberikan jawaban terkait adanya kecelakaan serupa di wilayah Pandaan. (may/ono)