Menuju Kota Sehat, Pemkot Pasuruan Sambut Tim Verifikasi Kemenkes

983

Pasuruan (wartabromo) – Kota Pasuruan baru-baru ini mencanangkan diri sebagai Kota Sehat. Tim verifikasi Kota Sehat dari Kementerian Kesehatan, kemudian berkunjung untuk menilai secara langsung kondisi lingkungan di Kota Pasuruan.

Wakil Wali Kota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo menerima langsung 4 orang dari Tim Verifikasi Kota Sehat Kementerian Kesehatan. Teno mengatakan, penilaian ini merupakan kesempatan Kota Pasuruan untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan wilayahnya.

“Nanti, mana yang kurang, perlu ditambahi dan dibenahi,” ujar Teno, dalam sambutannya.

Dijelaskan kemudian, penilaian Kabupaten/Kota Sehat ini meliputi kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat dihuni. Hal itu diketahui dari tercapainya berbagai program kesehatan dan sektor lain dalam meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat.

Nah, Kota Pasuruan mengusulkan wilayahnya bisa merain penghargaan Swasti Saba Wistara. Penghargaan ini merupakan yang tertinggi dalam penilaian Kota Sehat.

Tim verifikasi dari Pusat dan Provinsi ini terbagi 2 tim. Tim pertama, mengunjungi Kawasan Tertib Lalulintas (KTL) Jalan Pahlawan, Kelurahan Pekuncen; PAUD KBIT Bina Insan Cendikia, Kelurahan Tembokrejo; Koperasi Wanita Dewi Sinta, Kelurahan Bakalan; CFD Jalan Sultan Agung Kelurahan Purutrejo; Kelurahan Siaga Patriot, Pekuncen; Bank Sampah Global Berseri, Kelurahan Pekuncen; BP-SAB Tirto Mulyo, Kelurahan Pekuncen, CV Aida Kelurahan Petahunan dan Parkir Wisata Kelurahan Kandangsapi.

Sementara tim kedua, bertugas melakukan penilaian di SMPN 4, Kelurahan Kebonagung; Paguyuban ODGJ Puskesmas Gadingrejo; Angel Heaven Kelurahan Kebonagung; Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) APBD I, Kelurahan Purworejo; SDN Bangilan Kelurahan Bangilan; Klinik Pink Puskesmas Bugul Kidul; KUBE Jaya Mukti Kelurahan Purutrejo; serta Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kelurahan Pekuncen.

Lebih lanjut, Teno mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung program Kota Sehat. Sehingga Kota Pasuruan bisa lolos dan dikunjungi tim verifikasi lapangan

Sekadar diketahui, ada 202 Kabupaten/Kota yang tersebar di 29 Provinsi masuk dalam penilaian Kota Sehat. Kota Pasuruan menjadi salah satunya. (**/**)