Peringati Hari Jadi Kabupaten Pasuruan, Bupati Tekankan Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga

956

Pasuruan (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan menggelar Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan Ke 1090 di Alun-alun Bangil. Bupati menekankan kepada seluruh peserta upacara untuk mulai menanamkan pendidikan karakter berbasis keluarga.

Upacara yang digelar pada Rabu (18/9/2019) pagi ini dihadiri oleh berbagai pihak, seperti Forkopimda, OPD hingga Ormas. Seluruh undangan terlihat mengenakan full dress dengan jas hitam untuk laki-laki, dan serba putih untuk perempuan. Termasuk Bupati Irsyad Yusuf yang juga mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU).

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ini mengangkat tema Meningkatkan Kualitas Keluarga dan Pendidikan Karakter dalam rangka Mewujudkan Kabupaten Pasuruan yang Sejahtera, Maslahat dan Berdaya Saing.

Irsyad berharap agar seluruh komponen bersinergi untuk sama-sama memajukan Kabupaten Pasuruan.

“Lewat momentum upacara peringatan di Hari Jadi ini, saya ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat untuk fokus pada pembangunan berbasis keluarga dan pendidikan karakter,” ujar Irsyad kepada para pewarta usai bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Menurutnya, keluarga merupakan madrasah pertama bagi anak-anak. Salah satu program andalannya, Wak Muqidin (Wayahe Kumpul Bangun TPQ dan Madin) diharapkan mampu menjadi ujung tombaknya.

“Perkembangan era digital saat ini selain berdampak positif juga memiliki sisi negatif, maka pendidikan karakter berbasis agama mampu menjadi filternya,” imbuhnya.

Di penghujung acara, Bupati menyerahkan penghargaan untuk pemenang lomba Siskamling antar desa. Di antaranya, untuk Desa Gejugjati Kecamatan Lekok, Desa Watulumbung Kecamatan Lumbang, serta Desa Kedawung Wetan Kecamatan Grati. (ptr/**)