Hutan Terbakar, Jalur Pendakian Gunung Semeru Ditutup

535

Lumajang (wartabromo.com) – Jalur pendakian Gunung Semeru ditutup, Kamis (19/9/2019). Para wisatawan hanya boleh mendaki sampai Ranu Kumbolo.

John Kenedie, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru mengatakan, penutupan pendakian ini menyusul adanya laporan kebakaran dari Kepala Bidang PTN Wilayah II. Jalur pendakian Gunung Semeru yang terbakar yakni mulai Sumbermani-Arcopodo-Kelik.

“Tidak melakukan pendakian hingga Kalimati dan ke Puncak Mahameru,” ujarnya.

Masih kata Kenedie, penutupan jalur pendakian ini dilakukan untuk keselamatan para pendaki. Meski begitu, tidak semua jalur pendakian Semeru ditutup.

“Batas aman pendakian dibatasi hingga Ranu Kumbolo,” lanjutnya.

Meski begitu, belum diketahui sampai kapan jalur pendakian Puncak Mahameru ditutup. Namun, pihak TNBTS memastikan jalur akan dibuka jika sudah dinyatakan aman.

Sekadar informasi, kebakaran hutan terjadi di 3 blok pendakian Gunung Semeru yakni mulai Sumbermani-Arcopodo-Kelik.  Setidaknya ada 6 hektar wilayah hutan yang terbakar pada Selasa (17/9/2019).

Petugas kemudian melakukan penanganan dengan menggunakan gepyok dan jetshooter. Pendaki kemudian dievakuasi hingga Ranu Kumbolo. Lokasi kebakaran dipastikan steril dari para pendaki.(may/ono)