Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gelar Lomba Bercerita

1554
Siswi SD ABC Pandaan Rebut Juara

Pasuruan (Wartabromo.com)- Rasa cinta dan budaya membaca perlu ditanamkan sejak dini. Misi inilah yang diemban Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pasuruan. Dinas ini menggelar lomba bercerita untuk para siswa SD/MI se Kabupaten Pasuruan.

Lomba digelar selama tiga hari. Mulai Selasa sampai Kamis (26/9). Dan kemarin, para finalis tampil memukau dihadapan pejabat dan dewan juri. Grand final ini dipusatkan di Aula Cipta Karya, komplek Perkantoran Raci Bangil.

Plt Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pasuruan, Iriyanto didampingi Kabid Perpustakaan, Atyk Endang memaparkan, lomba bercerita ini mengangkat tema Legenda Rakyat Nusantara. Lomba ini masuk dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke-1090.

Baca Juga :   Habiskan Anggaran Rp. 650 Juta, Perpustakaan Pandaan Akhirnya Diresmikan

“Kami ingin menanamkan rasa cinta akan budaya membaca. Khususnya pada anak-anak di pendidikan sekolah dasar dalam rangka pembentukan karakter mereka,” katanya kepada wartabromo.com.

Kegiatan ini diikuti oleh para siswa se-Kabupaten Pasuruan. Masing-masing Kecamatan diwakili dua peserta. Sebelumnya, tiap sekolah mengirimkan peserta lomba untuk diseleksi di tingkat kecamatan. Kemudian, diambil dua terbaik untuk dikirim ke Kabupaten. Jumlah peserta tercatat sebanyak 36 siswa SD/MI.

Para juara Lomba Bercerita berfoto bersama dengan Kepala Dinas, Iriyanto dan pejabat lainnya.

“Harapan ke depan anak-anak lebih mencintai budaya daerah. Mampu mengembangkan inspirasi dan mampu berimajinasi melalui lomba bercerita. Agar generasi muda mampu menghargai dan mampu mempertahankan serta selalu menghormati akan kearifan budaya lokal” lanjutnya.

Nah siang kemarin, sudah tersaring para finalis. Ada beberapa indikator penilaian untuk bisa memenangi lomba bercerita ini. Meliputi, konten materi yang disampaikan. Cara penyampaian; meliputi intonasi dan gesture tubuh.

Baca Juga :   Tetap Jaga Prokes, Jumlah Pengunjung Perpustakaan di Pasuruan Mulai Naik

Agar pola penilaian berjalan baik, pihak dinas mendatangkan para juri dari beragam lembara. Mulai dari ikatan pustakawan Jawa Timur, sastrawan, budayawan, dan juga dinas pendidikan.

Hasilnya? Nurita Okta Purwanti, siswi asal SD ABC Pandaan berhasil menjadi juara I. Nurita mampu meraih nilai tertinggi dengan 1.109 point. Menyisihkan beberapa pesaing terberatnya, Viola (SDN Bayeman Gondangwetan) dan Keysa (SDN Rejoso Lor). Nurita pun berhak mendapat piala juara 1, uang pembinaan dan piagam penghargaan.

Atyk menambahkan, tahun depan akan dilaksakanan lomba bercerita dengan ruang lingkup yang lebih luas dan berkembang. “Sehingga siswa yang ada di Kabupaten Pasuruan dapat mengikuti kegiatan tersebut”, tegasnya.

Berikut Ini Daftar Pemenang Lomba Bercerita:

  1. Juara 1 (1.109)
    SD ABC, Pandaan (Nurita Okta Purwanti)
  2. Juara 2 ( 1.108)
    SDN Bayeman, Gondangwetan ( Viola Sari Ardianti)
  3. Juara 3 (1.091)
    SDN Rejosolor, Rejoso (Keysa Daiva Mahardika)
  4. Harapan 1 (1.082)
    SDN Bulukandan II, Lumbang (Naura Fitri Mahjida)
  5. Harapan 2 (1.070)
    SDN Baujeng II, Beji ( Ajeng Suroya Balqis)
  6. Harapan 3 (1.043)
    SDN Purwosari 1, Purwosari (Anindyla Banesa)
  7. Finalis 1 (1.042)
    SDN Bulukandang II, Lumbang ( Chintya Nur Eka)
  8. Finalis2 (1.020)
    SDN Kutorejo II, Pandaan (Janeta Nur Fakhira)
  9. Finalis 3 (1.016)
    SDN Pucangsari II, Purwosari (Aghna Rahma)
  10. Finalis 4 (1.009)
    SDN Rowogempol II, Lekok (M. Alfino Rivaldo)
Baca Juga :   Saat Buku Budaya dan Pariwisata Kota Pasuruan "Hilang" di Perpustakaan

(nan/*)