Setahun Dibangun Sudah Rusak, Tim Cobra Cek Kualitas Jalan Desa Umbul

14523

Lumajang (WartaBromo.com) – Belum setahun dibangul, jalan di Desa Umbul, Kecamatan Randuagung sudah rusak. Tim Cobra kemudian melakukan pengecekan kualitas jalan desa tersebut.

Berkolaborasi dengan tim siber pungli, Polres Lumajang melakukan pengecekan jalan rusak di sepanjang Desa Umbul. Jalan yang baru berusia satu tahun ini sudah rusak. Beberapa bagian mengelupas bahkan pecah-pecah. Jauh dari kata mulus, khas jalan baru.

“Jika memang jalan Desa ini baru saja dibangun tapi kenapa sudah banyak yang mengalami kerusakan. Kecurigaan ini yang membuat saya ingin menelusuri lebih dalam apakah anggaran Desa telah digunakan secara maksmial atau tidak,” ujar AKBP Arsal Sahban, Kapolres Lumajang.

Petugas mengukur kualitas beton dan ketebalannya dengan dibantu tim dari Dinas Pekerjaan Umum. Hasil dari pengecekan lapangan ini sudah terdata, namun masih belum bisa diungkapkan.

Baca Juga :   Wagub Bali Izin Gelar Upacara Piodalan ke Bupati Lumajang

“Temuan seperti ini harus segera di kroscek antara RAB dengan kondisi jalan yang sudah terbangun apakah sesuai atau tidak,” lanjutnya.

Untuk itu, Arsal belum bisa memastikan dugaan pembangunan jalan tak sesuai RAB ini. Beberapa penyebab lain seperti kontur tanah labil bisa saja terjadi, meski sudah sesuai spek.

“Tapi kerusakan bisa saja karena masalah tanahnya yang labil. Semuanya butuh pengecekan terlebih dahulu,” sambung putra Makassar ini.

Hasil dari pengambilan sample jalan rabat kemudian diamankan oleh polisi. Pihaknya membutuhkan waktu untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut kasus ini.

“Ini adalah langkah antisipatif dari kami untuk para Kepala Desa agar menggunakan dana desa dengan sebaik-baiknya demi kemakmuran rakyat,” pungkasnya. (may/ono)