Ini Panganan Pengganti Nasi yang Sehat nan Lezat

1892

Pasuruan (wartabromo.com) – Ngomongin tentang makanan, orang Indonesia tak luput dari nasi. Bahkan sampai muncul istilah, “belum makan, kalau belum makan nasi”.

Padahal, kandungan gula pada nasi terbilang cukup tinggi. Hal itu tentu memicu berbagai gangguan kesehatan.

Atas dasar itulah, konsumsi nasi putih perlu dikurangi. Bisa juga, dengan mengganti menu nasi putih dengan makanan lain.

Apa saja makanan pengganti nasi yang mengenyangkan dan enak tapi tetap sehat. Dirangkum dari berbagai sumber, ada berbagai macam makanan yang bisa untuk menggantikan nasi :

1. Bunga kol

Bunga kol memang salah satu jenis sayur. Tapi jangan salah, sayur satu ini bisa lho jadi pengganti nasi.Teksturnya empuk dan kenyal dengan rasa sedikit gurih dan manis.

Dalam secangkir bunga kol, mengandung 4 gram karbohidrat. Angka itu tentu saja berbeda jauh dengan nasi yang memiliki 39 gram karbohidrat per cangkirnya.

Cara menyajikannya mudah. Cukup disangrai atau dikukus. Tak perlu khawatir bunga kol jadi busuk. Simpan saja dalam freezer dan dimasak ketika diperlukan.

Jika ingin lebih kenyang, takaran bunga kol bisa disamakan dengan porsi makan biasanya.

2. Brokoli

Selain bunga kol, ada satu sayur lagi yang bisa jadi pengganti nasi. Namanya, brokoli. Sayur berwarna hijau ini masih satu famili dengan bunga kol.

Berdasarkan penelitian ahli gizi, Universitas Texas, brokoli kaya akan serat, potasium, protein, vitamin C, B6, dan A. Brokoli juga bebas lemak dan hanya terdiri dari 7 gram karbohidrat per 100 gramnya.

Brokoli lebih sehat ketika dimasak dengan cara dikukus dan direbus. Itu dilakukan, agar kandungan nutrisi dan seratnya tak terbuang sia-sia. Tak hanya itu, brokoli bisa diblender kasar dengan food processor. Kemudian ditumis dengan sedikit unsalted butter untuk menjadi makanan pengganti nasi. Bukan hanya pengganti nasi, brokoli juga dipercaya dapat mencegah kanker.

3. Oatmeal

Oatmeal merupakan sumber serat yang sangat baik. Kaya vitamin, mineral dan antioksidan. Rasanya juga lezagy. Tak hanya itu, oatmeal juga bermanfaat bagi kesehatan. Antara lain, menurunkan kadar gula darah hingga kolesterol.

4. Jagung

Bukan rahasia lagi, bila jagung menjadi pengganti nasi. Kandungan serat dan antioksidan yang tinggi, membuat perut kenyang lebih lama. Biasanya bukan hanya pengganti basi, jagung juga banyak diolah sebagai bahan makanan.

5. Kentang

Kentang, tanaman jenis umbi-umbian ini juga bergizi. Bahkan, mengandung lebih banyak vitamin dan nutrisi ketimbang beras.

Cara mengkonsumsi kentang yang sehat adalah dengan dikukus. Meski tak diberi bumbu apapun, kentang sudah memiliki rasa khas yang mudah diterima oleh lidah.

Tapi, bila ingin mengkonsumsi kentang dengan bumbu, hindari penggunaan bumbu berkalori tinggi. Bawang putih atau minyak zaitun bisa menjadi alternatif pendamping kentang.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba?
Yuk mulai sekarang jaga kesehatan dengan menjaga pola makan!

Selamat Hari Pangan Sedunia, 16 Oktober 2019. (bel/may)