Kebakaran Hutan Melanda Empat Lokasi di Probolinggo

1558
Kebakaran hutan. Foto : Kodim 0820 Probolinggo.

Probolinggo (wartabromo.com) – Kebakaran hutan terjadi sedikitnya di empat lokasi, di Probolinggo. Hingga saat ini, petugas gabungan terus memantau lokasi rawan kebakaran.

“Empat titik api itu, tersebar di tiga lokasi kejadian. Saat ini kami masih berupaya melakukan pemantauan dan pemadaman,” kata Dandim 0820 Probolinggo, Letkol Inf. Imam Wibowo, Senin (21/10/2019).

Kebakaran ini berada di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang; Desa Kertonegoro Pakuniran; dan Desa Pusung, Kecamatan Sukapura.

Imam menyebut, untuk kawasan Desa Sapih, ada empat hektare lahan terbakar. Begitu juga yang terjadi di Kecamatan Sukapura.

Sedangkan di Kecamatan Pakuniran, lahan yang terbakar sekitar dua hektare lebih.

“Medan terjal dan licin, serta akses masuk mobil pemadam kebakaran yang sulit, membuat proses pemadaman berjalan lambat,” ungkap Dandim.

Kebakaran lahan ini diduga akibat cuaca ekstrem. Panas begitu tinggi, serta kencangnya tiupan angin, membuat api mudah muncul. Dahan kering dan semak belukar pun terbakar karena hal tersebut.

Imam juga menyebut, pihaknya saat ini terus koordinasi dengan pihak terkait, untuk memantau dan memadamkan api, meski menggunakan peralatan seadanya.

Petugas gabungan ini terdiri dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan masyarakat sekitar. (lai/saw)