Tak Lolos, Bacakades Bulu Layangkan Aduan ke Dewan

827

Probolinggo (wartabromo.com) – Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) Bulu, Kecamatan Kraksaan, mengadu ke DPRD Kabupaten Probolinggo pada Selasa, (22/10/2019). Aduan berupa surat itu dilakukan terkait dugaan kecurangan dalam proses Pilkades yang diikutinya.

Bacakades Bulu bernama Sulistyowati tersebut datang ke gedung dewan sekitar pukul 10.00 WIB. Ditemani Moh Taufani Setiawan, anaknya, ia kemudian menyerahkan 2 pucuk surat ke pimpinan dewan.

Surat itu selanjutnya diterima oleh Ivan, staf Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo.

“Surat itu berisi dua kesalahan yang dilakukan oleh panitia Pilkades Bulu dalam tahapan. Yang pertama tentang hasil keputusan klarifikasi yang telah menolak saudara Abdul Kadir dengan surat kesehatan. Yang kedua tentang banner pendaftaran,” kata Taufan.

Pada banner yang dipasang panitia, pendaftaran dituliskan dimulai tanggal 5-17 September pukul 8.00 WIB dan ditutup pukul 14.00 WIB. Namun, dalam praktiknya waktu yang dipakai panitia tidak sesuai.

“Dan yang mendaftar di hari terakhir itu saudara Abdul Kadir dan Muhammad Syuaib itu melewati jam yang sudah dipasang oleh panitia yaitu pukul 4 sore, tapi sama panitia masih diterima,” jelasnya.

Langkah itu, menurut Taufan, merupakan langkah awalan yang diambil pihaknya. Sebelum menyerahkan surat pengaduan surat ke PengadilanTata Usaha Negara (PTUN) Surabaya.

“Baru nanti akan menyerahkan surat pengaduan kepada PTUN. Kami mengajukan kepada instansi di Kabupaten Probolinggo untuk menghargai pemerintah,” tandas Taufan.

Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Probolinggo Lukman Hakim mengatakan, pihaknya sudah menerima surat pengaduan dari bakal calon kepala desa yang tidak lolos itu.

“Sudah kami terima, dan secepatnya akan segera dirapatkan,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Ketua Panitia Pilkades Bulu, Moh. Amin mengatakan, pihaknya sebenarnya sudah menjelaskan kepada Sulistyowati perihal proses pendaftaran yang disoal. Termasuk tidak lolosnya Sulistyowati dalam seleksi lanjutan.

“Sudah, sudah saya jelaskan kepada semuanya, saya sudah jawab secara jelas terkait isi yang ada di surat keberatannya. Kalau masih mengajukan ya terserah,” ungkap Amin saat dikonfirmasi.

Sekadar informasi, terdapat 8 orang yang mendaftar Pilkades Bulu. Mereka adalah Sulistyowati, Hasan Basri, Moh. Suhud, serta Dimas Eko Romadoni. Ada juga Bacakades Bulu bernama Totok Purhandoyo, Moh. Zaini, Abdul Kadir, dan Achmad Sho’ib.

Dalam seleksi lanjutan 3 orang disisihkan, yakni Sulistyowati, Moh. Suhud, dan Moh. Zaini. (cho/saw)