Meski Lulus Tes Akademis, 5 Bacakades Arjosari Rejoso Tetap Dicoret

1457

Rejoso (wartabromo.com) – 5 Bakal Calon Kades Arjosari Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan telah dinyatakan lulus tes akademis. Namun sayangnya, mereka tetap tak bisa mengikuti kompetisi Pilkades 2019 di desanya.

Kondisi ini dialami oleh Ismail Makky, Mahmud, Martikan, Saifuddin Zuhri dan Muhtar Robby Nurasad. Kelimanya harus dicoret di tengah jalan lantaran kalah bersaing dalam nilai ujian yang didapat dengan lima kandidat bakal calon kades lainnya.

Anggota BPD setempat, Abdul Azis mengatakan, sebelumnya ada 10 bakal calon kades yang mendaftarkan diri dan mengikuti tahapan tes akademis namun lantaran merujuk peraturan bupati tentang jumlah calon kades maksimal 5 orang perdesa. Kelima calon itu pun dinyatakan tak lolos.

“Yang nilai tes akademisnya rangking 6 sampai 10 berarti sudah tak bisa melanjutkan pencalonan, ” ujar Azis.

Pengumuman hasil tes akademis disampaikan oleh Panitia Pilkades di Balai Desa setempat kepada kesepuluh bakal calon. Dari hasil tersebut, 5 bakal calon kades yang menempati urutan 1 sampai 5 berhak untuk ditetapkan sebagai Calon Kepala Desa Arjosari.

“Proses penetapan kelima calon kepala desa Arjosari sudah dilakukan hari ini termasuk pengambilan nomer urut, “tambah Azis.

Kelima Calon Kepala Desa yang sudah ditetapkan tersebut yakni Abdul Syukur, Setyo Utomo, Wahyu Sukariono, Nur Rohmat dan Kuswandi. (yog/yog)