Pemerintah Segera Tutup Situs Nonton Film Bajakan

2989

Jakarta (WartaBromo.com) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersih-bersih situs yang menyediakan film bajakan. Salah satunya situs IndoXXI yang rencananya bakal dihapus.

Hal ini diungkapkan Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani. Rencana penutupan situs ini telah dilakukan sejak Juli 2019 lalu. Setidaknya sudah lebih dari 1.000 situs telah diblokir oleh Kominfo.

“Pemilik situs ini memang nakal, mereka pindah-pindah URL, kita cari terus,” kata Semuel dinukil dari CNN.

Lebih lanjut kata Semuel, perilaku pembuat situs yang kucing-kucingan ini menyulitkannya. Ia kemudian akan bekerja sama dengan Coalition Against Piracy (CAP) dan Ditjen HAKI Kemenkumham.

“Kita kerja sama. memang kami tahun depan akan fokus ke pelanggaran HAKI. Kami tidak bisa sendirian, saya juga sudah berbicara dengan Dirjen HAKI,” tegasnya.

Kasus pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual ini tak hanya di bidang film dan video. Namun juga buku dan musik. Hal ini juga tak luput dari perhatian Kemenkominfo.

Sekadar diketahui, sebanyak 63% konsumen daring tersurvey oleh YouGov menonton situs streaming. Nah, situs IndoXXI ini menjadi aplikasi paling populer yang digunakan oleh 35% penonton.

Ditambah lagi, Coalition Against Piracy (CAP) juga mendapati 29% konsumen menonton film bajakan melalui TV box. (may/ono)