Khofifah Resmikan SPAM Umbulan

1246
Khofifah Indar Parawansa saat meninjau proyek SPAM Umbulan. Foto : Instagram Khofifah.

Surabaya (WartaBromo.com) – Sistem Penyedia Air Minum (SPAM) Umbulan di offtake Porong, Sidoarjo diresmikan. Setidaknya sudah 93,7 kilometer jaringan pipa yang sudah tersambung dari Pasuruan hingga Porong.

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur melaunching SPAM Umbulan ini pada Minggu (22/12/2019). Proyek sepanjang 95,6 kilometer ini sudah 98% rampung.

“Mudah-mudahan, tiga minggu lagi 1,9 kilometer pipa yang belum terpasang bisa diselesaikan, sehingga Januari seluruh distribusi air bisa maksimal,” ujar Khofifah dinukil dari Suara Surabaya.

Jaringan pipa yang masih belum terpasang yakni di area Putat Gede Surabaya hingga Gresik. Khofifah menyebut jika pemanfaatan lahan untuk SPAM ini terhambat. Sehingga jaringan pipa belum tersambung.

“InsyaAllah sudah selesai pada proses negosiasi menyiapkan pipa yang harus tersambung. Kalau Gresik sudah selesai 100 persen,” lanjutnya.

Ada 18 fasilitas offtake di lima Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang sudah siap menampung air. Kapasitas produksi air minum 4.000 liter per detik ini sementara sudah mengalir sampai Sidoarjo.

Nantinya jika semua jaringan telah terpasang, maka ada 1,3 juta warga lima kabupaten yang bakal menerima aliran air. Rinciannya Kota Surabaya 1.000 liter per detik. Lalu Kota Pasuruan 110 liter per detik, dan Kabupaten Pasuruan 410 liter per detik.

Sementara di Kabupaten Sidoarjo 1.200 liter per detik, Kabupaten Gresik 1.000 liter per detik dan PDAB 280 liter per detik.

Sekadar diketahui, proyek SPAM Umbulan ini telah digarap sejak 2017 lalu. Berbagai hambatan pun mewarnai perjalanan proyek ini.

Di antaranya pelaksana mega proyek SPAM Umbulan yakni PT Meta Adhya Tirta Umbulan terancam pailit pada Oktober lalu. (may/ono)