Umat Islam Diimbau Sholat Kusuf saat Gerhana Matahari Cincin

1318

Pasuruan (WartaBromo.com) – Gerhana Matahari Cincin bakal menyapa Indonesia pada siang ini. Pimpinan Wilayah Lembaga Falakiyan Nahdlatul Ulama (PW LFNU) Jawa Timur imbau nahdliyin lakukan sholat kusuf.

KH Shofiyullaoh, Ketua LFNU Jatim mengatakan, anjuran sholat Sunnah gerhana ini merupakan Sunnah Rasul.

“Sholat Sunnah gerhana Matahari dianjurkan dilaksanakan secara berjamaah di masjid sebelum atau sesudah sholat zuhur (untuk wilayah Jawa Timur),” jelasnya dalam keterangan persnya.

Setelah melakukan sholat gerhana dengan tata cara khusus, dilanjutkan dengan khutbah. Anjurannya yakni dua khutbah seperti sholat jumat. Namun jika sholat Sunnah gerhana dilakukan sendirian, maka tidak perlu ada khutbah.

Baca juga : Besok Gerhana Matahari Cincin, Catat Waktunya ya!

Baca Juga :   Hasil Swab Keluar, 5 PDP di Kota Pasuruan Negatif Covid-19

“PC LFNU se Jatim diharapkan bertindak aktif melakukan edukasi dan mengajak umat Islam (khususnya nahdliyyin) untuk melakukan kegiatan tersebut serta melakukan observasi gerhana Matahari,” pungkasnya.

Sekadar diketahui berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, fenomea gerhana matahari bisa diamati di wilayah Jawa Timur. Namun, warga hanya bisa mengamati gerhana matahari sebagian sesuai pusat lintasan GMC.

Secara umum, gerhana di Jawa Timur akan dimulai pada pukul 11.03 WIB. Sementara, puncak gerhana terjadi pada pukul 12.54 WIB, dan gerhana akan berakhir pada pukul 14.33 WIB. Durasi gerhana yang teramati di Jawa Timur rata-rata adalah 3 jam 29 menit. (may/ono)