Warga Bersiap Amati Gerhana Matahari Cincin di Lapan Watukosek

1833

Pasuruan (WartaBromo.com) – Puluhan warga padati lokasi pengamatan Gerhana Matahari Cincin di LAPAN Pasuruan. Mereka bersiap melakukan pengamatan dengan dipandu oleh LAPAN.

Dari pengamatan wartabromo, orang dewasa hingga anak-anak mulai berdatangan ke Kantor LAPAN, Jalan Raya Gempol-Mojokerto KM 03, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

“Kesini untuk mengedukasi, apalagi komunitas kami memang mempelajari tentang antariksa, mereka juga biar belajar tentang sains itu gimana,” ujar Nur Agustinus, perwakilan Komunitas Beta Ufo Surabaya.

Setidaknya ada 5 teleskop yang disediakan oleh LAPAN untuk mengamati Gerhana Matahari Cincin pada siang ini.

“Tiga teleskop portable, ada teleskop digital (h-alpha) dan manual (sun spot). Kita juga menyediakan kacamata khusus untuk mengamati gerhana,” ujar Dian Yudha Risdianto, Kepala Balai Pengamatan Antariksa dan Atmosfer LAPAN Pasuruan.

Baca Juga :   Harga Gula Naik, hingga Kawanan Burung Berputar-putar di Atas Ka’bah | Koran Online 14 Maret

Nah, bagi warga yang akan mengamati dengan teleskop, maka harus mengantre. Selain teleskop, ada juga kacamata panjang yang bisa digunakan secara bersama-sama.

Sementara kacamata personal juga disediakan untuk pengunjung. LAPAN juga mengatakan jika sudah siap untuk melakukan pengamatan.

“Dengan menggunakan kacamata gerhana atau teleskop yang sudah dilengkapi filter, masyarakat juga diimbau tidak secara terus menerus melihat proses terjadinya gerhana. Harus ada jeda. Dan disarankan maksimal 2 menit untuk 1 kali melihat,” pungkasnya. (trn/may/ono)