Ratusan Kades Terpilih Siap Dilantik 30 Desember

1189

Pasuruan (WartaBromo.com)- Ratusan kepala desa (Kades) terpilih hasil Pilkades Serentak Kabupaten Pasuruan bakal segera dilantuk. Prosesi pelantikan dijadwalkan digelar Senin 30 Desember mendatang.

Seperti biasa, pendopo kabupaten yang ada di Jalan Alun-alun utara dipilih sebagai lokasi kegiatan. “Tetap sesuai jadwal. Tanggal 30 Desember pelantikannya,” kata Asisten 1 Pemkab Pasuruan, Anang Saiful Wijaya.

Anang menjelaskan, prosesi pelantikan akan diikuti 240 kades yang merupakan kades terpilih hasil pilkades serentak 23 November lalu.

Termasuk, desa yang hasil pilkadesnya masih dalam proses gugatan di pengadilan. Seperti Desa Bulukandang, Kecamatan Prigen.

Anang bilang, gugatan pengadilan dipastikan tidak berpengaruh terhadap tahapan pelantikan. Bagaimana jika kades bersangkutan terlanjur dilantik, sementara putusan pengadilan menyatakan hasil pilkades bersangkutan sebaliknya?

Baca Juga :   Cegah Macet di Malam Tahun Baru, Cimory Tutup Lebih Awal

Menurut Anang, pihaknya akan mengikuti mekanisme hukum yang berlaku. “Kalau putusannya menyatakan tidak sah, ya kades yang terlanjur dilantik turun. Jadi ditunggu saja putusan pengadilannya seperti apa,” terang Anang.

Terkait dengan persiapan agenda itu, Anang yang sempat menjabat sebagai Kasatpol PP dan Camat Tosari itu memastikan tidak ada kendala berarti. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan polisi dan TNI guna mengamankan kegiatan tersebut.

“Untuk kegiatannya dimulai pukul 07.00. Pukul 09.00, sesi pengambilan sumpah jabatan kades terpilih,” jelas Anang. (trn/asd)