Ini Daftar Makanan Atasi Infeksi Kulit Akibat Banjir

568

Pasuruan (Wartabromo.com) – Banjir mulai menyapa beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Pasuruan. Akibatnya, timbul berbagai dampak akibat musibah banjir, salah satunya memicu infeksi kulit.

Infeksi satu ini, paling sering dirasakan para korban banjir. Infeksi dipicu bakteri, virus ataupun parasit yang menempel pada kulit. Apalagi air bersih juga mulai sulit didapat.

Nah, sebelum infeksi kulit makin parah, ada baiknya segera diobati. Atau, bisa juga segera mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan.

Dikutip dari detik, ada beberapa makanan yang dipercaya dapat mengobati infeksi kulit saat banjir.

Mau tau? Ini daftarnya!

– Kelapa

Kelapa mengandung asam laurat dan asam kaprilat cukup tinggi. Kedua zat itulah yang berperan melawan jamur pada kulit. Meski kandungan kedua asam itu sudah ada dalam tubuh, konsumsi kelapa dapat lebih membuat kulit lebih terlindungi.

Caranya mudah, cukup dengan memakan daging kelapa utuh. Bisa juga dengan memakan olahan dari kelapa. Selain buah kelapa, minyaknya dapat berfungsi sebagai lotion kulit, dengan cara mengoleskan pada kulit yang terkena bakteri.

– Biji Labu

Biji labu ternyata juga dipercaya dapat menghilangkan parasit yang berasal dari lingkungan kotor. Pasalnya, biji labu mengandung asam lemak omega-3. Kandungan inilah yang membantu meningkatkan tiroid dan meringankan kulit kering yang sering dikaitkan dengan ruam akibat infeksi jamur kulit.

Nah, sebagaimana diketahui, infeksi kulit pada korban banjir juga dapat disebabkan oleh parasit. Manfaat itu bisa diperoleh hanya dengan mencampurkan biji labu dalam oatmeal saat sarapan. Atau bisa dijadikan topping pada smoothie, sup bahkan menjadi camilan sehat.

– Oregano

Oregano adalah salah satu tanaman herbal yang mudah tumbuh. Selain itu, oregano juga dikenal sangat bergizi jika dikonsumsi.

Bagian dari oregano yang sering digunakan adalah minyaknya. Minyak oregano biasanya digunakan untuk melawan bakteri pada kulit ketika terjadi infeksi. Selain minyaknya, daun oregano juga mengandung antioksidan. Itulah mengapa oregano dapat mengobati infeksi kulit yang terjadi akibat bakteri dari air banjir.

– Bawang Putih

Bawang putih terkenal sebagai makanan penangkal bakteri paling populer. Tapi jangan salah, bukan olahan dari bawang putih yang berkhasiat, namun bawang putih utuh dalam bentuk siung.

Kandungan vitamin B6 dan Kalium yang dimiliki bawang putih berfungsi mendetoksifikasi tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, memperkuat hati dan meningkatkan kesehatan jantung. Sebagai probiotik alami, bawang putih dapat melawan bakteri jahat dan membantu bakteri baik. Maka dari itu, bawang putih bisa menjadi salah satu pilihan untuk mengobati infeksi kulit.

– Bawang Merah

Tak hanya bawang putih, bawang merah juga ternyata dapat menjadi obat infeksi kulit lho. Senyawa yang terkandung dalam bawang merah, berperan untuk melawan pertumbuhan bakteri.

Bawang merah memang terkenal sebagai salah satu obat pilek ringan. Tapi, siapa sangka bawang merah juga mampu mengobati sesuatu yang lebih serius seperti infeksi kulit. Itu lantaran terdapat kandungan berupa vitamin C, vitamin B6, antioksidan dan potasium dalam bawang merah.

Agar mendapat khasiat dari bawang merah tersebut, caranya cukup mudah, yakni memakannya mentah-mentah atau bisa juga mencampurkan ke dalam kaldu buatan sendiri.

Sekarang tidak perlu khawatir jika terkena infeksi kulit akibat banjir, bisa mengonsumsi salah satu dari pilihan di atas. (bel/may)