Lobi Politik Alot, AKD DPRD Kota Pasuruan Terbentuk Setelah 3 Bulan

589
Sidang Paripurna pembentukan komisi DPRD Kota Pasuruan, Kamis (14/11/2019).

Pasuruan (WartaBromo.com) – Alat Kelengkapan Dewan (AKD) Kota Pasuruan akhirnya resmi terbentuk hari ini, Senin (20/01/2020). Tiga komisi yang sebelumnya di bawah koordinator, yakni pimpinan dewan, kini telah memiliki struktur pimpinan.

Pembentukan AKD di dalam tubuh dewan Kota Pasuruan ini terbilang sangat molor. Wakil Ketua DPRD Dedy Tjahjo Poernomo mengungkapkan, keterlambatan ini dikarenakan lobi-lobi politik dalam tubuh dewan yang cukup alot.

“Jangan dilihat molornya. Tapi lihat action-nya. Kalo molor ini kan biasa, lobi-lobi politik,” ujar politisi Golkar tersebut.

Selama ini kinerja masing-masing komisi di bawah koordinator, yang mana koordinator ini adalah pimpinan dewan. Komisi I dikoordinatori oleh Farid Misbach; Komisi II dikoordinatori oleh Dedy Tjahjo Poernomo; Komisi III dikoordinir oleh Ismail Marzuki Hasan.

Minggu lalu sebagian fraksi-fraksi di DPRD Kota Pasuruan sepakat untuk mengirim surat berisi desakan kepada Ketua DPRD agar segera membentuk AKD.

Akhirnya, pada hari Senin (20/01/2020) DPRD Kota Pasuruan menggelar rapat pembentukan Alat Kelengkapan Dewan di Gedung DPRD Kota Pasuruan. Berikut hasil susunan AKD Kota Pasuruan:

1. Ketua Komisi I: Sutirta
2. Ketua Komisi II: Soemarjoni
3. Ketua Komisi III: Ismu Hardiyanto
4. Ketua Badan Kehormatan: H. Tampi
5. Ketua Badan Pembentukan Perda: Helmi
(tof/ono)