Capai Rp70 Ribu, Harga Cabai di Kota Pasuruan Dikeluhkan

521

Pasuruan (WartaBromo.com). Harga cabai rawit dikeluhkan, gara-gara meningkat drastis beberapa waktu terakhir. Hingga saat ini, harga cabai rawit mencapai Rp70.000/kilogram (Kg).

Seperti yang terpantau di Pasar Kebonagung Kota Pasuruan. Beberapa pedagang dan pembeli mengeluhkan kenaikan harga pada cabai rawit tersebut.

Menurut beberapa pedagang, kenaikan harga cabai terjadi sejak awal Januari 2020. Pada tiga pekan lalu, harga cabai masih di kisaran Rp50.000/Kg.

Menurut Sugiarti, salah seorang pedagang cabai di Pasar Kebonagung, kenaikan harga pada cabai rawit disebabkan karena sedang musim hujan, sehingga panen cabai banyak yang jelek. Kondisi itu mengakibatkan persediaan berkurang hingga harganya menjadi naik.

“Harga cabai bikin sumpek. Tapi kita ya tetap beli, wong memang butuh” ujar Heni, salah seorang pembeli di Pasar Kebonagung.

Dari pantauan, meroketnya harga cabai rawit ini berimbas juga pada komoditas kebutuhan dapur lainnya. Di antara yang mengalami kenaikan harga terjadi pada tomat, bawang merah, bahkan cabai merah. (tra/ono)